• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Monitoring Pelayanan Distribusi Air PTAM Intan Banjar
PERWAKILAN: KALIMANTAN SELATAN • Jum'at, 29/11/2024 •
 

Banjar - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan Hadi Rahman bersama Inspektur Kabupaten Banjar Muhammad Riza Dauly, melakukan kunjungan monitoring ke beberapa titik pembangunan dan perbaikan yang dilakukan oleh PTAM Intan Banjar pada Kamis (28/11/2024). 

Beberapa Lokasi yang dikunjungi antara lain pembangunan boster lingkar utara PTAM Intan Banjar, yang berada di Jalan Lingkar Utara, Kecamatan Liang Anggang serta pemasangan pipa distribusi utama ukuran 500 mm di Jalan Gubernur Syarkawi dan pipa distribusi utama ukuran 315 mm di sekitar Jalan Martapura Lama, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi tahun 2023 atas permasalahan distribusi air minum PTAM Intan Banjar, di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Banjar yang berbatasan dengan Kabupaten/Kota lain, diantaranya wilayah Kecamatan Aluh-Aluh, Beruntung Baru, Tatah Makmur, dan Sungai Tabuk, serta Kertak Hanyar. Dalam kegiatan tersebut Rombongan Perwakilan Ombudsman RI Kalsel dan Inspektorat Kabupaten Banjar didampingi langsung langsung oleh Direktur Teknik PTAM Intan Banjar, Machmud Mansyur beserta jajaran PTAM Intan Banjar.

Dilakukan kunjungan monitoring dengan meninjau pembangunan boster lingkar utara di lokasi jalan lingkar utara kecamatan liang anggang, yang rencananya akan dibangun dengan reservoir berkapasitas 1.000 m3 untuk menambah debit air ke Boster Tambak Sirang. Pembangunan Boster ini dijadwalkan akan selesai pada April 2025 dan diharapkan dapat mengoptimalkan distribusi air untuk pelanggan di wilayah Gambut dan sekitarnya, serta menambah debit air di Booster tambak sirang dengan target 150 liter per detik, sehingga berpengaruh pada perbaikan pelayanan pelanggan di wilayah Kecamatan Aluh-Aluh, Beruntung Baru, dan Tatah Makmur.

Selanjutnya, meninjau Jalan Gubernur Syarkawi pemasangan pipa distribusi utama ukuran 500 mm yang diproyeksikan untuk mengganti jalur pipa distribusi utama yang selama ini sering mengalami kerusakan dan mengakibatkan gangguan distribusi. Pemasangan Pipa ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan pelanggan di wilayah Kecamatan Kertak Hanyar, khususnya manarap dan sekitarnya, dengan menambah debit air curah sekitar 100 liter per detik ke booster manarap.

Selain itu dilakukan juga peninjauan pemasangan pipa distribusi utama ukuran 315 mm sepanjang 5.000 meter (Sungai Tabuk - Sungai Lulut). Pemasangan pipa ukuran 315 mm ini dijadwalkan akan selesai sekitar Januari 2025. Setelah pipa tersebut terpasang, diharapkan distribusi air untuk pelanggan di sekitar Kecamatan Sungai Tabuk dan khususnya Kelurahan Sungai Lulut hingga ke perbatasan Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarmasin dapat lebih optimal, mengingat pertumbuhan perumahan di wilayah Kelurahan Sei Lulut sangat masif.

"Kami mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh PTAM Intan Banjar, khususnya untuk mengatasi permasalahan distribusi air di wilayah Cabang II PTAM Intan Banjar. Selain itu kami juga berkomitmen akan terus memantau proses perbaikan layanan distribusi air oleh PTAM Intan Banjar, setidaknya poin-poin yang menjadi komitmen bersama dari berita acara pertemuan pada tahun 2023 lalu dapat terlaksana," tutur Hadi Rahman. 

Sebagai pengingat, pada Tahun 2023 lalu Ombudsman telah mengundang PTAM Intan Banjar dan para pihak terkait guna menindaklanjuti permasalahan distribusi air minum PTAM Intan Banjar yang terjadi pada beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Banjar yang berbatasan dengan Kabupaten/Kota lain, diantaranya wilayah Kecamatan Sungai Tabuk, Kecamatan Aluh-Aluh, Beruntung Baru, Tatah Makmur, dan Kertak Hanyar. Dalam pertemuan tersebut ditandatangani berita acara yang diantaranya memuat beberapa rencana aksi yang merupakan komitmen dari PTAM Intan Banjar dalam pelayanan perbaikan distribusi air.







Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...