Semarak HUT ke-80 RI, Ombudsman RI Gelar Gowes Bareng Sahabat Ombudsman
JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia, Ombudsman RI menggelar kegiatan Fun Bike yang dipadukan dengan pelayanan konsultasi dan pengaduan pelayanan publik, pada Jumat (8/8/2025), di Kantor Ombudsman RI Pusat, Jakarta Selatan.
Acara ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari Insan Ombudsman RI dan Sahabat Ombudsman RI, serta turut melibatkan masyarakat umum. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan gaya hidup sehat, mempererat kebersamaan internal, dan mendorong partisipasi publik dalam pengawasan pelayanan publik.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzar Rafinus, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan pelayanan publik yang bebas dari maladministrasi.
"Kami ingin momen peringatan HUT ke-80 RI ini tidak hanya menjadi seremoni, tapi juga momentum untuk menguatkan kekompakan dan semangat bersama dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. Kegiatan seperti Fun Bike ini mencerminkan semangat Ombudsman RI yang aktif, sehat, dan terus bergerak melayani masyarakat," ujar Bobby.
Dalam kesempatan tersebut, Bobby juga mengajak Sahabat Ombudsman RI untuk menjadi bagian dari Kelompok Masyarakat Peduli Maladministrasi, sebuah wadah partisipatif yang akan dikembangkan secara berkelanjutan oleh Ombudsman RI.
"Kelompok masyarakat peduli maladministrasi ini bukan hanya sekadar simbol keterlibatan masyarakat, tetapi akan menjadi mitra nyata Ombudsman dalam mengawasi, mengevaluasi, dan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik," tegasnya.
Setelah pelepasan peserta, rute Fun Bike dimulai dari halaman Kantor Ombudsman RI dan menyusuri kawasan sekitar. Selanjutnya, Sahabat Ombudsman RI dan msayrakat sekitar diajak mengikuti pelayanan konsultasi dan pengaduan pelayanan publik, yang diterima langsung oleh tim Ombudsman RI. Melalui layanan ini, Sahabat Ombudsman RI dan warga sekitar diberikan edukasi tentang fungsi, kewenangan, serta cara menyampaikan laporan apabila menemukan dugaan maladministrasi dalam pelayanan publik.
"Melalui pelayanan konsultasi dan pengaduan pelayanan publik ini, kami ingin memastikan bahwa masyarakat tahu Ombudsman RI hadir untuk mendengar dan membantu menyelesaikan keluhan mereka terhadap pelayanan publik. Ini bagian dari upaya mendekatkan layanan secara proaktif," ujar Bobby.
Kegiatan ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama seluruh peserta. Acara ini menjadi bagian dari upaya membangun budaya kerja sehat dan memperkuat sinergi antara Ombudsman RI dan masyarakat.
Ombudsman RI terus berkomitmen untuk hadir secara dekat, responsif, dan kolaboratif. Melalui keterlibatan kelompok masyarakat peduli maladministrasi, nilai-nilai integritas, pengawasan, dan pelayanan berkualitas dapat terus dikembangkan bersama. (MR)