Ombudsman RI: Pentingnya Literasi BPJS Ketenagakerjaan
Jakarta-Literasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan bagi Insan Ombudsman RI sangat dibutuhkan terutama untuk mengetahui jaminan sosial ketika terjadi kecelakaan kerja, kematian, dan masa pensiun pegawai.
Hal ini disampaikan Anggota Ombudsman RI Hery Susanto, saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan pada Kamis (07/03/2024) di Ruang Serbaguna Lantai 1, Gedung Ombudsmna RI.
"Diharapkan kedepannya BPJS Ketenagakerjaan dapat mengcover seluruh masyarakat pekerja formal dan informal di indonesia, dengan model pelayanan manfaat program jamsos yang konkrit dari pemerintah melalui BPJS," harap Hery
Diakhir sambutannya, Hery mengajak seluruh Insan Ombudsman RI untuk dapat menginformasikan terkait program, manfaat dan pelayanan klaimnya dari BPJS Ketenagakerjaan kepada saudara, keluarga, dan rekan, sehingga akan meningkatkan pemahamannya sebagai peserta dari BPJS Ketenagakerjaan.
"Semakin banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan dan pelayanannya baik, maka negara akan semakin kuat," pungkas Hery.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Ceger Jakarta Hasan Basri, menyampaikan bahwa sosialisasi ini dimaksud guna memberikan literasi kepada Insan Ombudsman RI terkait beberpa program BPJS Ketenagakerjaan dan program yang telah diikuti oleh Ombudmsan RI.
"Saya berharap nanti informasi yang didapatkan dapat disampaikan kepada keluarga dan rekan, sehingga nanti akan lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan menfaatnya," harap Hasan.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian simbolis penyerahan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris almarhum Lutfi Ardi, anak dari Bapak Ardi yang merupakan Insan Ombudsman dan kepada ahli waris almarhum Bapak Irban yang merupkan Insan Ombudsman pengguna BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu dilakukan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dan diskusi oleh Kepala Bidang Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Ceger, Fitrina Anggraini Siregar. (HA)