• ,
  • - +
Percepatan Penyelesaian Laporan Masyarakat, Ombudsman RI Kembangkan Inovasi Digital Dashboard Monitoring
Siaran Pers • Jum'at, 11/10/2024 •
 

 Siaran Pers

Nomor 034/HM.01/X/2024

Jumat, 11 Oktober 2024

 

JAKARTA - Dalam rangka percepatan penyelesaian laporan masyarakat, Ombudsman RI melalui Biro Humas dan Teknologi Informasi mengembangkan inovasi digital dalam bentuk dashboard monitoring penyelesaian laporan masyarakat, yang dapat diakses melalui laman data.ombudsman.go.id. Dashboard ini memuat data realisasi penyelesaian laporan masyarakat secara realtime sekaligus menampilkan infografik capaian serta fitur tracking pengaduan.

Kepala Biro Humas dan TI Ombudsman RI, Dodi Wahyugi menjelaskan, dashboard ini merupakan salah satu inovasi digital dalam meningkatkan akuntabilitas lembaga melalui pengelolaan data yang akurat dan terkini. "Dashboard  ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, baik pelapor, instansi, swasta, hingga media massa untuk mendapatkan informasi terkait laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman secara realtime," terangnya di Kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2024).

Ia merinci, fitur data laporan masyarakat menyajikan data angka serta informasi terkait laporan masyarakat yang terdaftar di Ombudsman RI baik pusat maupun 34 kantor perwakilan seluruh Indonesia. Rangkuman data tersebut juga disajikan secara menarik dan mudah dibaca dalam kanal infografik. Kemudian, fitur yang bermanfaat bagi pelapor adalah tracking laporan masyarakat. Dimana para pelapor dapat menginput nomor registrasi aduannya untuk mengetahui progres penyelesaiannya di Ombudsman RI. Dodi menggarisbawahi bahwa informasi dan data yang disampaikan dalam dashboard tersebut sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dodi menambahkan, data tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan rujukan isu-isu yang berkaitan dengan pelayanan publik dan maladministrasi. Selain itu inovasi ini dapat mendukung percepatan penyelesaian laporan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Di tengah derasnya arus informasi dan kecanggihan teknologi, masyarakat semakin menuntut kemudahan dalam mengakses data. Untuk itu dashboard monitoring penyelesaian laporan masyarakat ini hadir sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas lembaga," ujar Dodi.

Lebih lanjut, Dodi menyampaikan, dashboard ini juga membangun partisipasi masyarakat yang lebih aktif. Kemudahan akses masyarakat terhadap data Ombudsman, masyarakat memiliki kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan. (*)


Narahubung:

Kepala Biro Humas dan TI

Dodi Wahyugi 





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...