Tanamkan Anti Maladministrasi, Ombudsman Goes to School di SMAN1 Manggar

Siaran Pers
060/HM.01/VI/2022
Kamis, 23 Juni 2022
Manggar-Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung menempatkan pendidikan anti maladministrasi sebagai salah satu program yang penting guna implementasi Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan Undang-Undang Nomor 37 tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia. Dalam Undang-Undang Nomor 37 tahun 2008, salah satu tugas Ombudsman adalah melakukan upaya pencegahan terjadinya maladministrasi pelayanan publik. Merespons kewajiban ini Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Ombudsman Goes To school yang kali ini diselenggarakan di SMAN 1 Manggar (22/6/2022).
Kedatangan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy dan tim diterima oleh Wakil Kesiswaan SMAN 1 Manggar. Sepanjang sosialisasi, Yozar dikepung banyak pertanyaan dari peserta didik. Yozar merasa senang dengan antusiasme para pelajar SMAN 1 Manggar yang dapat menjadi preseden yang baik bagi penyebarluasan informasi mengenai tugas dan fungsi Ombudsman.
Pertanyaan yang diajukan cukup luas mulai dari substansi ke-Ombudsman-an, pelayanan apa saja yang diawasi oleh Ombudsman, substansi pendidikan, hingga substansi kepolisian. Peserta didik diarahkan untuk mengetahui bagaimana prosedur pelayanan yang benar dan juga diajak untuk berani melaporkan jika ada kesalahan dalam prosedur. Secara sederhana pelajar memahami bahwa proses pelayanan yang tidak melalui prosedur yang benar dimaknai sebagai maladministrasi.
Seusai sosialisasi anti maladministrasi, Yozar
diajak sebagai pembicara dalam podcast SMAN 1 Manggar dengan tema Ombudsman dan
Pelayanan Publik. Dalam podcast, Yozar mengenalkan Ombudsman, tugas dan fungsi
serta bagaimana cara melapor. Yozar berharap agar banyak orang dapat mengenal Ombudsman
melalui siaran podcast SMAN1 Manggar ini.
"Ombudsman menyadari bahwa laporan di Belitung
tergolong masih sedikit sehingga penting untuk mensosialisasikan tentang
Ombudsman dan kerja Ombudsman kepada masyarakat salah satunya pelajar, tak
kalah penting kami juga ingin agar pelajar paham pelayanan publik yang baik dan
dapat mengenali maladministrasi dan menolak untuk melakukan maladministrasi," harap Yozar.








