• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsmanan Jateng Monitoring Pelaksanaan SPMB SMAN 2 Semarang
PERWAKILAN: JAWA TENGAH • Kamis, 12/06/2025 •
 
Monitoring Pelayanan SPMB Tahun 2025

SIARAN PERS

Nomor: 017/PC.01/VI/2025

Tanggal: 12 Juni 2025


SEMARANG - Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Tengah, Sabarudin Hulu melakukan monitoring Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) di SMAN 2 Semarang, Kamis (12/6/2025). "Ini merupakan hari ke 2 Ombudsman Jateng melakukan monitoring pelayanan panitia SPMB di satuan Pendidikan Kota Semarang," ujar Sabarudin.

Pada kesempatan ini, Ombudsman juga membuka gerai PVL On The Spot. Harapannya apabila masyarakat mengalami permasalahan SPMB maupun substansi pelayanan publik lainnya yang diduga terjadi maladministrasi dapat disampaikan kepada Ombudsman. 

"Dari monitoring SPMB  terpantau kendala yang ditemukan berupa perbedaan titik koordinat ataupun alamat. Dijelaskan oleh panitia, apabila Calon Murid Baru (CMB) mengalami hal tersebut maka yang harus dilakukan adalah pembatalan verifikasi lalu dilakukan pembetulan, dan itu dilakukan sendiri oleh CMB," terang Sabarudin.

Pada tahap ini diperoleh informasi bahwa pengajuan akun sampai dengan hari ini jam 12.00 WIB, sedangkan untuk verifikasi sampai dengan pukul 15.30 WIB dan untuk aktivasi akun sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Selain itu, ditemukan ketidaksesuaian data piagam yang diserahkan oleh calon mahasiswa baru (CMB) jalur prestasi. Saat proses verifikasi, CMB menyerahkan piagam lomba paduan suara terbitan tahun 2022. Namun, setelah dikonfirmasi, diketahui lomba tersebut diikuti saat CMB masih duduk di bangku Sekolah Dasar, dan piagam tersebut mencantumkan penghargaan "gold". Setelah ditelusuri lebih lanjut oleh panitia melalui laman resmi penyelenggara, diketahui bahwa penghargaan "gold" tersebut sebenarnya merupakan peringkat ketiga dari total 20 peserta.

Ombudsman Jateng mengingatkan agar panitia seleksi lebih cermat dalam memverifikasi piagam kejuaraan seperti ini. "Kita tidak tahu apakah piagam serupa juga digunakan di sekolah lain dan lolos verifikasi. Karena itu, verval (verifikasi dan validasi) menyeluruh atas piagam kejuaraan yang diajukan oleh CMB perlu dilakukan untuk memastikan kelayakannya," ujarnya.

"Sejauh ini, terpantau pelaksanaan SPMB tahap pembuatan akun, verval, dan aktivasi akun di SMAN 2 Semarang berjalan baik dan lancar, dimana tersedia 8 loket meja layanan, 2 loket bantuan online, 1 meja layanan informasi atau pengaduan," tutupnya.


Narahubung:

Whatsapp Centre Ombudsman Jateng

08119983737







Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...