Instansi di Jateng Mendominasi Zona Hijau Penilaian Ombudsman RI 2024
SIARAN PERS
Nomor: 0012/PC.01/XII/2024
Tanggal 3 Desember 2024
Semarang - Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah menyelenggarakan Penganugerahan Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 pada Senin, 2 Desember 2024.
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida. menyatakan bahwa Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik merupakan bentuk kegiatan tahunan yang diselenggarakan Ombudsman RI untuk mengevaluasi pelayanan publik di Pemerintah Daerah dan Instansi vertikal selaku penyelenggara pelayanan.
"Tren peningkatan nilai pada Instansi penyelenggara pelayanan publik di Jawa Tengah mendominasi 10 besar rangking nasional. Apresiasi yang tinggi kami sampaikan atas komitmen penyelenggara untuk terus berbenah memberikan pelayanan publik yang membahagiakan bagi masyarakat. Capaian skor yang tinggi harus diimbangi dengan ikhtiar terus-menerus untuk menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas dan bermanfaat," imbuh Siti Farida.
Pada kesempatan yang sama, hadir pula Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana yang turut menyerahkan piagam penghargaan bagi Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. "Jawa Tengah diharapkan menjadi acuan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik dengan sinergitas pengawasan Ombudsman RI, dan jangan berpuas diri tetapi terus ditingkatkan pelayanan kepada publik."
Seluruh Pemerintah Daerah di Jawa Tengah telah masuk zona hijau atau memperoleh opini kualitas tertinggi di tahun 2024 dibandingkan dengan tahun 2023. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperoleh rangking 2 Nasional dengan skor 98,21. Adapun Pemerintah Kabupaten Wonogiri memperoleh rangking 1 Nasional dengan skor 99,71, diikuti dengan Pemerintah Kota Magelang yang turut meraih juara 1 Nasional dengan skor 99,61. Bahkan beberapa organisasi perangkat daerah, mendapatkan nilai yang sempurna atas standar pelayanan publik.
Siti Farida
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah