• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Terima 62 Aduan Kelistrikan di Babel, Ombudsman Ingatkan PLN Mesti Jamin Pelayanan Saat Iduladha
PERWAKILAN: KEPULAUAN BANGKA BELITUNG • Selasa, 05/07/2022 •
 
Shulby Yozar Ariadhy, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Kep. Bangka Belitung

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sejumlah wilayah di Pulau Bangka terutama kota Pangkalpinang terjadi padam listrik sekira pukul 19.00 WIB, Senin (4/7/2022).

Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Shulby Yozar Ariadhy menyoroti pelayanan publik dari sisi kelistrikan ini.

Bahkan Ombudsman Bangka Belitung mewanti-wanti agar PLN menjamin kelistrikan menjelang Hari Iduladha 2022 ini

"Momen-momen tertentu seperti hari raya akan menambah beban listrik dan PLN harus menjamin penyaluran listrik yang cukup," kata Yozar, Selasa (5/7/2022) kepada Bangkapos.com.

Pihaknya mendorong agar mendorong PLN untuk transparan terhadap kinerja mereka.

"Pengumuman, informasi dan imbauan terkait kendala kelistrikan jangan sampai terlambat atau bahkan tidak ada, pengelolaan pengaduan yang baik juga perlu ditingkatkan," ungkap Yozar.

Mengenai kejadian pemadaman listrik semalam, Yozar merasa harus menjadi perhatian.

"PLN harus memiliki manajemen resiko dan kalkulasi potensi pemadaman. PLN harus memiliki rencana mitigasi dan cadangan tenaga listrik untuk mengantisipasi hal semacam ini," sarannya.

Pada triwulan II tahun 2022, Ombudsman menerima ada 62 aduan terkait kelistrikan di Bangka Belitung, dengan berbagai jenis aduan, salah satunya pemadaman listrik.

"Untuk minggu-minggu terakhir per 21 Juni, tidak ada, tapi pertriwulan II ada 62 laporan dari 15 persen dari keseluruhan 418 laporan di triwulan II," bebernya.

Menyikapi ini, Ombudsman Bangka Belitung sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan PLN terkait penyebab pemadaman yang terjadi dan diketahui penyebabya adalah karena supply yang terputus dan berharap kedepannya tidak lagi terjadi hal semacam ini.

"Untuk teguran, ombudsman lebih menekankan kepada solusi jangka panjang. Kondisi Babel yang bergantung supply listriknya dan lintas wilayah tentunya menjadi tantangan tersendiri. Saat ini Ombudsman Babel bersinergi dengan Ombudsman RI dan ombudsman perwakilan lainnya yang terdampak," katanya.


PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan


Dalam rilis tertulis, PLN menyatakan sudah berhasil memulihkan 100 persen pasokan listrik ke pelanggan pasca terjadinya gangguan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Lahat-Bukit Asam di  sebagian wilayah Sumatera dan Bangka.

Dengan mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan, petugas PLN berhasil melakukan penormalan secara bertahap. 

"Mulai pukul 21.26 sistem Sumatera Bagian Utara sudah berhasil dipulihkan. Disusul kemudian sistem Sumatera Bagian Tengah pulih 100 persen dan terakhir sistem kelistrikan Sumatera bagian selatan dan Bangka," kata Vice President Komunikasi Korporat PLN, Gregorius Adi Trianto, Senin (4/7/2022) malam.


Petugas PLN bergerak di lapangan melakukan penormalan mulai dari sisi pembangkitan, transmisi, distribusi hingga ke seluruh pelanggan.

Saat ini, semua sistem interkoneksi kelistrikan telah berhasil dipulihkan dan seluruh pelanggan sudah kembali menyala.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan menyampaikan terimakasih atas doa serta dukungan dari seluruh masyarakat sehingga proses pemulihan gangguan dapat berjalan lancar," kata Gregorius.



(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita/Rilis)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...