• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Teratas Layanan Publik Diberikan Ombudsman RI, Gatot; Tiru Polres Agam
PERWAKILAN: SUMATERA BARAT • Jum'at, 07/02/2025 •
 

KBRN,Bukittinggi; Dari 19 Polres dinilai Ombudsman R.I Perwakilan Sumbar, Polres Agam menempat pertama kategori tinggi dengan Score nilai 91,92 % disusul Polres Payakumbuh kategori tinggi dengan score nilai 89,35 %, Polres Pasaman Barat kategori tinggi dengan score nilai 87,98 % sedangkan posisi Polresta Bukittinggi berada diperingkat 14 dengan score nilai 79, 11 % dan posisi 19 ditempati Polres Solok Selatan dengan 55,55 % disampaikan dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi Pelayanan Polda Sumbar diserahkan Asisten Muda 2 Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Melisa Fitri Harahap serta dihadiri langsung Kapolda Sumbar irjend. Pol. DR. Drs. Gatot Tri Suryanta.,M.Si.CSFA di dampingi Wakapolda Sumbar Brigjend Pol. Gupuh Setiyono serta pejabat teras di Mapolda Sumbar Bertempat di Istana Bung Hatta Bukittinggi Selasa (4/2/2025) pagi.

Hasil pelayanan dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar khususnya dilakukan institusi Kepolisian Polda Sumbar merupakan Pengawasan berkala meliputi 14 layanan berdasarkan UU. NO. 25/2009 tentang layanan publik

Khusus dijajaran Kepolisiam Polda Sumbar dengan memuat 4 dimensi layanan dilihat dengan menitikberatkan penilaian pada setiap Polres meliputi; Unit Lantas, intelkam, SPKT serta dimensi SiWAS unit pengaduan dengan melihat kompetensi penyelenggara dimiliki Kepala Satuan dan Penyelenggara layanan dilakukan wawancara dengan penyelenggara publik dan fungsi tugas dan dari hasil penilaian telah dilakukan disamping sudah lebih baik memiliki zona merah dan hijau namun terdapat 5 polres di Sumbar masih memiliki zona kuning dan catatan dari Ombudsman.

Juga dalam hal ini pihak Ombudsman melihat 14 standar layanan menjadi kewajiban setiap penyelenggara layanan dilihat secara elektronik dan no elektronik dan pelayanan diberikan tidak sekedar terpampang didalam ruangan layanan ataupun di medsos

"Dari penilaian dilakukan bisa meningkatkan layanan publik diberikan dan meminimalisir munculnya terjadinya Mal Administrasi melalui pemenuhan standar layanan,"ujar melisa

Disebutkan bahwa hasil penilaian kami lakukan ini murni dari masyarakat termasuk kewajiban dalam mengelola pengaduan sejak 3 tahun terakhir

Juga hal senada diutarakan Kapolda Sumbar irjend Pol DR. Drs. Gatot Tri Suryanta,M.Si.CSFA harapkan dengan hasil didapatkan Polres dari Ombudsman R.I Perwakilan Sumbar bisa lahirkan inovasi seperti bisa belajar dan meniru dari Polres Agam menjadi Terbaik sudah memasuki tahuk ketiga sebagai terbaik di Polda Sumbar dalam Layanan Publik diberikan.

Disebutkan walaupun Polres Agam secara berturut turut 3 tahun terakhir masih menjadi pemuncak teratas namun Polres lainnya tidak berkecil hati dan ini setiap program dilaksanakan akan ditinjau irwasda dan sesungguhnya mempertahankan lebih sulit ketimbang meraih.

Sejak dirinya bertugas disini berharap sejumlah Polres termasuk Polda bisa laksanakan Shubuh berjamaah yang shubuh tadi juga saya sholat berjamaah di Mesjid Jami' Taluak,"ulasnya.

Dengan kita sering lakukan sholat berjamaah akan semakin tahu masalah kamtibmas terjadi di masyarakat dan untuk itu perlu dilibatkannya Niniak Mamak, Ulama, Bundo Kanduang dan lingkungan terkecil seperti; RT / RW sehingga sehingga setiap ada masalah tidak harus pergi ke Kantor Polisi dituntaskan namun bisa secara Justice Collaborator (JC).

Seperti diketahui dari 587 dilakukan penilaian pada Kementrian dan Lembaga (K/) dan hasil penilaian di masing masing Polres di Polda Sumbar menjadi acuan akumulasi kinerja Kapolri. (JM/RRi BKT)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...