• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Setelah Pendaftaran Ditutup, Akhirnya 30 Orang Daftar Seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman Banten
PERWAKILAN: BANTEN • Rabu, 31/08/2022 •
 
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten

BANTENRAYA.COM - Sebanyak 30 orang dari berbagai daerah dan berbagai latar belakang mendaftarkan diri dalam seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman Banten. Waktu pendaftaran ditutup pada 29 Agustus lalu setelah sebelumnya sempat diperpanjang.

Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman Banten Awidya Mahadewi mengatakan, proses pendaftaran untuk seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman Banten sudah berakhir pada 29 Agustus lalu. Setelah itu, proses akan dilanjutkan dengan seleksi administrasi.

"Hasil seleksi administrasi akan diumumkan minggu depan," kata Dewi, Rabu, 31 Agustus 2022.

Dewi mengungkapkan, seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman Banten ini menggunakan sistem gugur. Artinya, apabila ada calon yang pada tahap tertentu tidak lolos seleksi, maka dinyatakan gugur dan tidak bisa ikut dalam tahap berikutnya.

Seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman Banten juga terbuka untuk seluruh Indonesia, tidak hanya untuk warga Banten, meski penempatannya menjadi Kepala Perwakilan Ombudsman Banten.

Sehingga, bisa saja yang mengikuti seleksi ini merupakan warga di luar warga Provinsi Banten. "Ini tidak terbatas hanya untuk warga Banten saja sih karena terbuka," katanya.

Dewi mengungkapkan, ada sejumlah kriteria yang harus dimiiki oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Banten. Selain harus memiliki kompetensi dalam pengawasan pelayanan publik dan memiliki integritas serta kapabel, seorang kepala perwakilan juga tidak boleh pernah dipidana penjara.

"Memang harus orang punya back ground bersih," katanya.

Kepala Perwakilan Ombudsman juga tidak boleh merupakan anggota apalagi pengurus partai politik. Bila yang ikut seleksi ini merupakan ASN atau karyawan BUMN, maka ketika lolos seleksi akan diminta untuk mengajukan cuti selama menjadi kepala perwakilan.

Ini dilakukan untuk menjaga independensi dari seorang kepala perwakilan.

Usai tahapan seleksi administrasi, proses selanjutnya adalah ujian tertulis dan penilaian kompetensi (profile assessment). Lalu ada juga ujian wawancara.

Terakhir kemudian adalah pengumuman hasil seleksi kepala perwakilan. Pengumuman seleksi Kepala Perwakilan Ombudsman Banten ini diperkirakan baru akan dilakukan pada Desember 2022 mendatang. "Prosesnya memang cukup panjang," katanya. (***)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...