• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Serahkan Piagam, Ini Pesan Kepala Perwakilan ORI Sulteng kepada Pemkab Poso
PERWAKILAN: SULAWESI TENGAH • Kamis, 09/02/2023 •
 
Kepala Perwakilan ORI Sulteng, M. Iqbal Andi Magga dengan Bupati Poso Verna Gladys Merry Inkriwang (tengah) bersama pejabat lainnya | FOTO: ORI Sulteng

gNews.co.id - Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Mohammad Iqbal Andi Magga menyerahkan piagam kepada Bupati Poso, dr. Verna Gladys Merry Inkriwang.

Penyerahan piagam oleh Iqbal Andi Magga kepada Verna dilakukan di gedung Pogombo kantor Bupati Poso, Kamis (9/2/2023).

Piagam yang diberikan kepada Verna berdasarkan survey kepatuhan penyelenggara pelayanan publik tahun 2022. Di mana Kabupaten Poso salah satu dari tiga daerah

Sulteng mendapat penghargaan. Ketiganya dinilai mampu mencapai predikat zona hijau pada pelaksananaan standar pelayanan publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009.

Dalam sambutamnya, Iqbal Andi Magga mengucapkan selamat atas prestasi Pemkab Poso menjadi salah satu dari pemerintah daerah yang berhasil meningkat prestasinya.

"Dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Dari tahun lalu mendapat predikat kuning dan sekarang dapat predikat hijau," ujar Iqbal Andi Magga.

Seperti diketahui, penganugerahan predikat tersebut dilaksanakan di Jakarta pada 28 Desember 2022 yang dihadiri sejumlah Menteri Negara, Gubenur, bupati, dan wali kota se Indonesia melalui daring maupum luring.

Untuk wilayah Sulteng tercatat tiga daerah yang mendapatkan predikat hijau pada standar pelayanan publik, yaitu Kabupaten Poso, Banggai, dan Kota Palu.

Menindaklanjuti penganugerahan tersebut ORI Perwakilan Sulteng juga menyerahkan piagam predikat hijau kepada Verna dan tiga dinas yang berprestasi dalam pelayanan publik, yaitu Dinas Dukcapil Poso, Dinsos Poso, dan Badan PTSP Poso.

Selanjutnya Iqbal menyampaikan pesan khusus Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dalam acara penganugerahan predikat kepatuhan kepada pelaksana pelayanan publik agar semakin meningkatkan diri melayani masyarakat.

"Presiden RI dalam acara penganugerahan predikat kepatuhan memberi pesan kepada semua Pemda yang mendapat penghargaan agar jangan berpuas diri dengan hasil yang dicapai," katanya.

Namun, lanjut Iqbal, pemda justru harus lebih meningkatkan kinerjanya di masa mendatang.

"Agar kepuasan masyarakat terhadap layanan pemerintah dapat terjaga dengan baik," tegas mantan Ketua DPRD Kota Palu itu.

Acara yang dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Poso.

Sementara, Bupati Poso Verna mengingatkan jajarannya agar terus memperbaiki kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Layanan publik menjadi tolak ukur keberhasilan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Olehnya perbaikan pelayanan publik menjadi penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegas Verna.

Bupati perempuan yang juga anak dari mantan Bupati Poso ini kembali mengingatkan tentang komitmen Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat.

Pemerintah daerah harus melaksanakan pelayanan publik secara efektif, efisien, dan transparan.

"Kami berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan pelaksanaan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat agar penghargaan ini terus dapat kami pertahankan di tahun tahun mendatang," katanya.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...