• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Selama 2023 Ombudsman NTB Terima 552 Aduan, Selamatkan Uang Masyarakat Rp10,8 Miliar
PERWAKILAN: NUSA TENGGARA BARAT • Jum'at, 02/02/2024 •
 
Kepala Ombudsman Perwakilan NTB Dwi Sudarsono

Mataram (NTBSatu) - Ombudsman Perwakilan NTB sepanjang tahun 2023 telah menerima aduan masyarakat sebanyak 552 aduan.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTB, Dwi Sudarsono, S.H menyebutkan, angka 552 itu pengaduan terbanyak berasal dari persoalan kesejahteraan sosial atau jaminan sosial yakni sebanyak 88 kasus. Kemudian diikuti oleh persoalan agraria 76 kasus, lalu pendidikan 74 kasus.

"Ada juga Adminduk 67, kepegawaian 40 kasus, kepolisian sebanyak 31 kasus, dan kesehatan sebanyak 20 kasus," ujarnya saat konferensi pers di kantornya Kamis, 1 Februari 2024.

Selain menerima aduan masyarakat sebanyak 552 kasus, ia pun membeberkan bahwa Ombudsman NTB telah berhasil menyelamatkan uang masyarakat sebesar Rp10,8 Miliar.

Menurutnya, nominal itu merupakan nilai evaluasi riil uang masyarakat yang diselamatkan Ombudsman. Ia pun membeberkan dari nominal itu sebesar 99 persen diselamatkan dari penyelesaian laporan beasiswa mahasiswa bidikmisi dan KIP kuliah di perguruan tinggi Swasta.

Adapun di tahun 2024 ini, pihaknya akan terus melakukan peningkatan mutu pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

"Merekomendasikan Pemda atau instansi Kementerian di daerah memperkuat unit pengelolaan pengaduan di setiap unit pelayanan," tandasnya. (ADH)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...