• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Satu Dekade Ombudsman Mengawasi Pelayanan Publik di Kalbar
PERWAKILAN: KALIMANTAN BARAT • Rabu, 23/11/2022 •
 
Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar melaksanakan Ekspos Kinerja Akhir Tahun 2022

HARIAN BERKAT - Dalam rangka pelaksanaan akutabilitas kinerja, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar melaksanakan Ekspos Kinerja Akhir Tahun 2022 pada Jumat 18 November 2022 lalu di Restoran Ayam Dadakan, Pontianak.

Pertemuan ini dihadiri oleh oleh Sahabat Ombudsman, Para Pelapor, Pers, dan Insan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat. Pertemuan juga menghadirkan Johanes Widjiantoro, selaku Anggota Ombudsman RI Tahun 2021-2026, Agus Priyadi, selaku Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Tahun 2012-2022, dan Marini selaku Plt. Kepala Perwakilan. 

Pertemuan bertujuan untuk penyampaian hasil kinerja Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat selama Tahun Anggaran 2022. Serta refleksi tugas dan fungsi Ombudsman dalam pegawasan pelayanan publik di Kalimantan Barat selama 1 dekade berdiri.

Penyampaian hasil kinerja Ombudsman disampaikan oleh Marini, selaku Plt. Kepala Perwakilan. Adapun total Agenda Pengaduan yang telah diterima Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat pada Tahun 2022 sebanyak 720 pengaduan, yang terdiri dari 331 Laporan Masyarakat, 274 Konsultasi Non Laporan, dan 116 Tembusan.

Sedangkan total Laporan Masyakat telah diterima dan ditangani Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat sejak Oktober 2012 - 11 November 2022 adalah sebanyak 1.849 Laporan.

Jumlah Laporan Masyakarat yang diterima pada Tahun 2022 merupakan jumlah terbesar yang pernah diterima Ombudsman selama 1 dekade tersebut. Total Laporan tersebut didominasi oleh Laporan dengan substansi pertanahan (ATR/BPN), pemerintah daerah dan kepolisian.

Selanjutnya, untuk kategori penyampaian Laporan untuk Tahun 2022 banyak diterima melalui program jemput bola atau yang disebut Ombudsman On The Spot. Kemudian dilanjutkan dengan penerimaan Laporan secara langsung maupun surat/tertulis dari perorangan maupun kelompok.






Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...