• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Podcast Ombudsman Sultra, Tingkatkan Pengawasan Layanan Publik
PERWAKILAN: SULAWESI TENGGARA • Selasa, 09/11/2021 •
 
Peluncuran Podcast Sorot di Kantor Ombudsman Sultra. Foto: Istimewa. (9/11/2021)

Kendari - Ombudsman Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan Podcast Sorot untuk meningkatkan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah pusat maupun daerah, Selasa (9/11/2021).

Kepala Ombudsman Sultra, Mastri Susilo mengatakan, untuk mengikuti arus pengembangan digitalisasi, perlu adanya terobosan dalam pengawasan pengawasan pelayanan publik. Selain itu, dasar pembuatan podcast juga karena pengelolaan YouTube Ombudsman Sultra mendapat penilaian baik pada kategori pelayanan publik.

"Kami masuk kategori dalam keaktifan dalam pengelolaan YouTube untuk pengawasan pelayanan publik. Hal ini yang menjadi dasar kami membuat ruang Podcast," katanya saat peluncuran Podcast Sorot Ombudsman.

Di tempat yang sama, Anggota Ombudsman RI, Heri Susanto mengungkapkan, podcast itu merupakan yang pertama diadakan seluruh Ombudsman di Indonesia. Dia menyebut, melalui program podcast, Ombudsman bisa menerapkan fungsi pengawasan, penerimaan laporan, pemeriksaan, dan pencegahan maladministrasi yang dilakukan penyelenggara layanan publik.

"Saat ini masyarakat lebih melihat pola media sosial, sehingga podcast ini bisa menjadi wadah untuk menyampaikan laporan. Prosedur pengawasan di Ombudsman RI dan Ombudsman Sultra ini bisa menjadi percontohan di daerah-daerah lainnya," ungkapnya.

Dia berharap agar podcast bisa menjadi media pengawasan antara Ombudsman dan masyarakat.

 "Pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik bisa lebih diketahui secara umum dan bisa dijadikan pola oleh Ombudsman. Ombudsman secara nasional juga bisa melakukan hal yang serupa untuk menembus pemahaman publik," pungkasnya.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...