Perkuat Pengawasan Publik, Ombudsman Sultra Buka Musyawarah Kerja KMPMDP 2026 di Kendari

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Sulawesi Tenggara, Forum Masyarakat Pengawas Pelayanan Publik (FMP3) atau KMPMDP menggelar Musyawarah Kerja Tahun 2025. Acara strategis ini langsung digelar di Hotel Plaza Inn Kendari pada Selasa (16/12/2025).
Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulawesi Tenggara, Mastri Susilo, S.Pd, MP. Dalam berbagai hal, beliau menekankan pentingnya sinergi antara masyarakat dan lembaga pengawas untuk memastikan standar pelayanan publik tetap terjaga dan transparan.
Fokus Strategis: Dari Regulasi hingga Rencana Kerja 2026
Musyawarah kerja ini tidak sekedar menjadi ajang silaturahmi, namun memiliki agenda padat untuk memperkuat fondasi organisasi ke depan. Berdasarkan jadwal kegiatan, terdapat empat sesi krusial yang dibahas:
Penguatan Internal : Peserta menetapkan penetapan struktur organisasi dan melakukan finalisasi regulasi internal untuk memastikan roda organisasi berjalan efektif.
Isu Prioritas: Fokus diskusi perdana pada isu-isu pelayanan publik terkini di Kota Kendari, yang menjadi dasar bagi penyusunan rencana kerja.
Visi 2026: Musyawarah ini secara spesifik merancang Rencana Kerja KMPMDP untuk tahun 2026, menunjukkan forum langkah proaktif dalam menyongsong tantangan pelayanan publik di masa depan.
Rundown dan Jalannya Acara
Acara dimulai pada pukul 12.00 WITA dengan registrasi peserta dan makan siang bersama. Sesi pembukaan berlangsung khidmat dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Ombudsman, diikuti dengan doa bersama.
Diskusi berlangsung intensif sepanjang siang hingga sore hari, diselingi dengan coffee break untuk menjaga efektivitas diskusi. Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri pada pukul 16.30 WITA dengan penandatanganan berita acara sebagai komitmen bersama, ditutup dengan sesi foto bersama sebagai simbol soliditas tim.
"Forum ini adalah mata dan telinga kita di lapangan. Dengan struktur yang kuat dan rencana kerja yang matang, kita optimis pelayanan publik di Sultra akan semakin baik," ujar salah satu perwakilan panitia di sela-sela acara.
Ketua Forum KMPMDP Wa Ode Rulia, SP., M.Sos dalam memimpin acara musyawarah kerja memberikan keluluasan anggotanya untuk menentukan minat bidang masing-masing anggotanya menjadi pengurus dan rencana kerta prioritas tahun 2026 antara lain ; FMP3 Bergerak(sapa layanan, cegah maladministrasi, pengawasan layanan publik mini(sekolah dan komunitas), FGD isi layanan publik, kelas literasi pelayanan publik untuk pelajar/Komunitas.
Dengan selesainya musyawarah ini, KMPMDP diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam mengawal hak-hak masyarakat atas pelayanan publik yang prima di Sulawesi Tenggara.








