Peningkatan Pelayanan Publik di SBT, Hasil Survei Ombudsman RI Maluku

Ambon - Gakorpan News - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Maluku, Hasan Slamat, telah menyerahkan hasil survei kepatuhan terhadap pelayanan publik di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tahun 2023, pada hari Kamis (22/2/24) pukul 12:00 WIT.
Survei ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan publik di wilayah tersebut.
Nasrudin Tianotak, Kepala Inspektorat Kabupaten Seram Bagian Timur, yang mewakili Pj. Bupati SBT, menyambut hasil survei tersebut dengan positif.
Ia mengungkapkan bahwa meskipun terdapat beberapa kekurangan, peningkatan pelayanan publik ini merupakan progres yang membanggakan.
Nasrudin juga menekankan pentingnya inovasi dan koordinasi dengan pihak terkait dalam meningkatkan pelayanan publik di masa depan.
Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, Nasrudin menyoroti pentingnya perbaikan sarana dan prasarana yang masih kurang, Ia berharap agar pemerintah daerah dapat mendorong perbaikan infrastruktur guna memenuhi target peningkatan pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur.
Sedangkan Hasan Slamat, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Maluku, juga menyatakan kebanggaannya atas progres yang telah dicapai dalam pelayanan publik di SBT, meskipun masih terdapat beberapa OPD yang perlu perbaikan, nilai survei menunjukkan peningkatan yang signifikan, bahkan Dinas Sosial menjadi fokus perhatian dalam mencapai zona hijau yang diinginkan.
"Survei tersebut melibatkan beberapa dimensi penilaian, termasuk kompetensi pelaksana, proses pelayanan, dan pengaduan masyarakat, meskipun beberapa OPD masih perlu memperbaiki proses dan pengaduan, pandangan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah cukup baik," kata Hasan Slamat.
Ia berharap agar kedepan pemerintah daerah SBT dapat terus meningkatkan pelayanan dengan memperbaiki sarana dan prasarana yang ada, selain itu persiapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) juga perlu diperhatikan untuk mencapai kualitas pelayanan yang lebih baik.
"Survei ini menunjukkan bahwa Kabupaten Seram Bagian Timur telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam pelayanan publik, sehingga diharapkan bahwa hasil survei ini akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah SBT dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik di masa depan," ujar Hasan Slamat. (Amy)








