• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Pengaduan Masyarakat Tinggi, Ombudsman Serahkan Hasil Kajian Pengelolaan Pengaduan Pertanahan ke BPN
PERWAKILAN: SULAWESI SELATAN • Jum'at, 10/10/2025 •
 
Kepala Perwakilan Ombudsman Sulsel Ismu memberikan hasil kajian pengelolaan pengaduan pertanahan ke Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulsel, Dony Erwan Brilianto.

HERALDSULSEL, MAKASSAR - Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) menyerahkan hasil kajian terhadap pengelolaan pengaduan di Kantor Pertanahan di Sulsel.

Kajian ini dilakukan untuk menilai efektivitas implementasi regulasi terkait pengelolaan pengaduan masyarakat sekaligus mengidentifikasi potensi maladministrasi.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sulsel, Ismu Iskandar menyampaikan bahwa latar belakang kajian ini adalah tingginya angka pengaduan masyarakat terkait layanan pertanahan.

Menurutnya, kondisi tersebut menjadi indikator adanya permasalahan yang masih perlu dibenahi dalam pelayanan publik di bidang pertanahan.

"Tingginya angka pengaduan tidak selalu berarti pelayanan di kantor pertanahan buruk atau tidak berjalan, tetapi ini menjadi indikator bahwa masyarakat masih menemukan banyak permasalahan yang perlu dibenahi," ujar Ismu dalam keterangannya.

Ia menambahkan, hasil kajian yang dilakukan Ombudsman Sulsel diharapkan dapat menjadi masukan strategis bagi perbaikan sistem layanan pengaduan di lingkungan ATR/BPN Sulawesi Selatan.

"Hasil kajian ini kami harapkan dapat menjadi masukan strategis bagi perbaikan sistem pengaduan publik di lingkungan ATR/BPN Sulawesi Selatan, sehingga pelayanan yang diberikan semakin berkualitas dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," katanya

"Hasil kajian ini diharapkan menjadikan Sulsel sebagai pilot project pembenahan layanan pengaduan secara nasional, karena persoalan agraria hingga saat ini masih mendominasi tren pengaduan masyarakat ke Ombudsman secara nasional," tambahnya.

Dengan adanya kajian ini, ucap Ismu, Ombudsman RI Perwakilan Sulsel menegaskan komitmennya untuk terus mendorong perbaikan tata kelola pelayanan publik, khususnya di sektor pertanahan, agar masyarakat mendapatkan layanan yang adil, berkualitas, dan bebas dari maladministrasi.

Penyerahan hasil kajian dilakukan langsung oleh Ismu Iskandar kepada Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulsel, Dony Erwan Brilianto beserta jajarannya di Kantor Wilayah BPN Sulsel.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Sulsel, Dony Erwan Brilianto, menyampaikan apresiasi kepada Ombudsman Sulsel. Ia bilang, masukan ini adalah masukan yang berharga untuk perbaikan pelayanan, khususnya Kantor Pertanahan di Sulsel.

"Kajian ini merupakan masukan yang berharga bagi perbaikan pelayanan di seluruh kantor pertanahan di Sulawesi Selatan. Kami siap berkolaborasi dengan Ombudsman RI untuk meningkatkan kualitas layanan pertanahan," ungkap Dony. (war)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...