Pemerintah Kota Banjarbaru Dapatkan Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Ombudsman RI

BANJARBARU - Kota Banjarbaru mendapatkan Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dan Kegiatan Coaching Clinic Handling Complaint.
Penghargaan langsung diserahkan Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Selatan, Hadi Rahman, di Galaxi Hotel, Kota Banjarmasin, Kamis (10/2/2022).
Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik sudah dilaksanakan sejak 2015 yang mana ini merupakan upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Tujuan Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik kata Wakil Ketua Ombudsman RI, Ir Bobby Hamzar Rafinus, MIA, tidak lain untuk perbaikan dan penyempurnaan kebijakan pelayanan publik dalam rangka mencegah maladministrasi. Penilaian ini dilakukan mulai dari Pemerintahan Provinsi, Kota dan Kabupaten.
Dalam rangka percepatan kepatuhan dalam pemenuhan standar pelayanan publik, Pemerintah Daerah untuk mengimplementasikan standar pelayanan publik di instansi pelayanan publik masing-masing, melakukan evaluasi dan pengawasan kepada Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam rangka melaksanakan UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Untuk itu, diberikan penghargaan kepada Menteri, Kepala Lembaga, Gubernur, Wali Kota dan Bupati. Ini sebagai apresiasi kepada pimpinan unit pelayanan publik yang mendapatkan zona hijau atau predikat kepatuhan tinggi.
Apresiasi tersebut dalam bentuk penghargaan atas segala upaya dan komitmen dalam memenuhi komponen standar pelayanan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dan, Pemerintah Kota Banjarbaru berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.
Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono SE, mengatakan, Pelayanan publik merupakan salah satu persoalan krusial.
"Selaku Aparatur Negara tentu akan mengutamakan kepentingan masyarakat, sebab implikasi dari tuntutan publik terhadap setiap pelayanan yang di berikan senantiasa bermuara pada kepuasan transparansi dan akuntabel," kata dia.
Ini juga menjadi indikator dari bentuk pelayanan publik yang prima serta menjadi tuntutan dan target dari penyelenggaraan pemerintahan.
Kemudian, Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono SE menyatakan apresiasinya dan terima kasih yang tinggi kepada jajaran SKPD pelayanan di lingkup Pemko Banjarbaru yang telah berkontribusi dalam pencapaian visi dan misi Kota Banjarbaru JUARA.
"Semoga pelayanan publik di Kota Idaman Banjarbaru lebih Baik lagi," ujarnya.
Dengan penghargaan ini dapat semakin memotivasi dan menginspirasi semua untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja pelayanan secara professional.
Diharapkan, semua itu akan bermuara pada meningkat nya partisipasi masyarakat dalam membangun komunikasi yang sinergis dan produktif. (AOL/*)








