• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Pelayanan Publik Pemkot Bengkulu Predikat Zona Hijau, Terima Penghargaan Ombudsman Ini Nilainya
PERWAKILAN: BENGKULU • Selasa, 29/07/2025 •
 
Penyerahan penghargaan hasil penilaian Ombudsman RI Bengkulu terhadap pelayanan publik yang diselenggarakan pemkot

Harianbengkuluekspress.id - Hasil penilaian kepatuhan peyelenggaraan pelayanan publik Pemerintah Kota Bengkulu mendapatkan predikat zona hijau periode 2024. Hasil ini dari penilaian Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu itu diserahkan langsung dalam bentuk penghargaan kepada Wali Kota, Dedy Wahyudi, di Ruang Rapat Hidayah, Senin 28 Juli 2025.

"Kota Bengkulu masuk dalam zona hijau dengan nilai 90,74. Artinya telah melakukan pelayanan sesuai standar kepatuhan. Nilai tertinggi diriah Puskesmas Kandang," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu, Mustari Tasti dalam sambutannya.

Ada 5 organisasi perangkat daerah dan 2 puskesmas yang mendapatkan nilai tertinggi dari sisi pelayanan publik. Seperti, Dinas Dukcapil dengan nilai 93,34, Dinas DPMPTSP dengan nilai 91,40, Puskesmas Beringin Raya dengan nilai 91,40, Puskesmas Kandang dengan nilai 93,57. Berikutnya, Dinas Sosial dengan nilai 90,28, Dinas Kesehatan dengan nilai 88,74 dan Dinas Pendidikan dan Kebudaayan dengan nilai 86,49.

"Penilaian terbagi tiga, yakni zona hijau, kuning dan zona merah atau dengan nilai dibawah 50 persen. Kita harap kedepannya harus ditingkatkan lagi dan pertahankan yang sudah baik," tambah Mustari.

Kepala Puskesmas Kandang, Nenny Heryani mengatakan, kinerja pada jajaran puskesmas kandang membuahkan hasil dibuktikan sebagai peraih nilai tertinggi dari Ombudsman RI. Atas penghargaan tersebut menjadi penyemangat dan salah satu tolak ukur dalam memaksimalkan pelayanan pada masyarakat.

"Saya tidak menyangka menjadi yang terbaik dengan nilai tertinggi. Ini tidak lepas dari binaan serta arahan wali kota dan wawali, serta kerja keras tim di Puskesmas Kandang," tutur Nenny.

Lebih lanjut ia menjelaskan Puskesmas Kandang sudah memiliki fasilitas lengkap dan terbaik, serta memprioritaskan pelayanan yang terbaik pula kepada masyarakat.

"Jadi kami banyak melakukan pembenahan fasilitas maupun pelayanan. Sudah menjadi puskesmas ramah lansia dan ramah balita," beber Nenny.

Selain itu, di Puskesmas Kandang ada kegiatan kunjungan ke rumah warga sakit atau 'jemput bola' dan memberikan pelayanan medis ke rumah warga yang sakit tersebut. Kemudian, untuk program IGD 24 jam di Puskesmas Kandang, Nenny juga mengataka,n telah berjalan, termasuk di 19 puskesmas lainnya di Kota Bengkulu. Berjalan sejak dilaunching Wali kota di Puskesmas Penurunan Beberapa waktu lalu. (Medi Karya Saputra)


Reporter: Medi Karya Saputra

Editor: Zalmi Herawati

Senin , 28 Jul 2025 - 21:21





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...