• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Pelatihan Opini KMPM Perkuat Suara Awasi Layanan Publik
PERWAKILAN: SUMATERA BARAT • Kamis, 18/09/2025 •
 

KBRN, Padang: Ombudsaman RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menggandeng Kelompok Masyarakat Peduli Maladministrasi (KMPM) di provinsi ini untuk meningkatkan partisipasi dalam mengawasi pelayanan publik. Menurut Kepala Ombudsman Sumbar, Adel Wahidi, selama ini KMPM telah aktif menjembatani masyarakat untuk melaporkan potensi maladministrasi pada sejumlah pelayanan publik.

Menurut Adel, keikutsertaan KMPM perlu ditingkatkan, salah satunya dengan rajin menulis opini dengan fokus pengawasan pelayanan publik. Kemudian opini yang dihasilkan, bisa ditayangkan di media.

"Kami ingin kelompok muda berani bersuara dan menginterupsi kebijakan penyelenggaraan pelayanan publik yang tidak tepat. Caranya yakni dengan menulis opini yang ditayangkan media sehingga bisa memengaruhi penyelenggara layanan untuk memperbaiki kualitas layanannya. Kemudian juga menggugah masyarakat untuk aktif dan peduli dalam memperjuangkan layanan publik yang prima," ujarnya, Rabu (17/9/2025).

Dalam mewujudkan langkah tersebut, Ombudsman Sumbar menyelenggarakan pelatihan penulisan opini bagi jejaring KMPM di Padang, Rabu (17/9/2025). Pesertanya 18 utusan dari kampus dan organisasi kemasyarakatan pemuda.

Pemateri dalam pelatihan ini yaitu, Syofiardi Bachyul, jurnalis senior di Sumbar. Syofiardi membeberkan, dalam menulis opini, tetap dibutuhkan fakta. "Komentar itu bebas, tetapi harus berdasar fakta," ucapnya.

Menurutnya, banyak fakta dan isu layanan publik yang bisa ditulis. Mulai dari layanan air bersih, sampah, pendidikan, hingga mitigasi bencana di daerah. 





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...