• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Pantau Kualitas Pelayanan Publik di Mahulu, Ombudsman Kaltim Kunjungi 4 Kampung, Ini Kesimpulannya
PERWAKILAN: KALIMANTAN TIMUR • Kamis, 04/07/2024 •
 
Jajaran perwakilan Ombudsman Kaltim foto bersama dalam kunjungan ke Mahakam Ulu di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang, Rabu (3/7/2024).

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Timur (Kaltim), Hadi Rahman kunjungan koordinasi ke jajaran Pemkab Mahulu pada Rabu (3/7/2024).

Kedatangan perwakilan Ombudsman diterima di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahulu.

Kunjungan Ombudsman Kaltim dihadiri oleh jajaran dinas/badan penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Mahulu yang dipimpin Wakil Bupati Mahulu, Yohanes Avun.

Pada kesempatan tersebut Hadi Rahman menyampaikan pentingnya komitmen peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dimulai dari Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga ke jajaran ASN di lingkungan kerja.

Untuk mengukur kualitas pelayanan publik, Ombudsman selaku pengawas eksternal memberikan opini pengawasan dalam bentuk patuh, bersih, baik dan taat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Wakil Bupati Mahulu, Yohanes Avun mengatakan bahwa kehadiran Ombudsman di Mahulu ini adalah bentuk perhatian yang serius.

Utamanya dalam menciptakan sebuah sistem pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

"Sesuai yang termaktub dalam UU Nomor 25/2009 tentang pelayanan publik, yaitu undang-undang yang mengatur tentang prinsip-prinsip pengendalian yang baik," katanya saat membacakan sambutan Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh.

Selain itu, hal ini juga dapat memperkuat demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kaltim, Hadi Rahman mengatakan kehadirannya di Mahulu untuk memperkenalkan Ombudsman kepada masyarakat.

Secara khusus dalam memperkenalkan Ombudsman bukan hanya sebagai sebuah lembaga tapi personel-personel yang bekerja di dalamnya.

"Jadi misi kami hari ini adalah berkenalan secara institusional dan kita juga bisa berkenalan dan menyapa bapak ibu secara pribadi, jadi itu misi yang kami lakukan hari ini," tuturnya menyapa masyarakat Mahulu dengan hangat.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang pelayanan publik di Mahulu, Ombudsman juga telah melakukan kunjungan ke empat kampung di Kecamatan Long Bagun pada Selasa (2/7/2024) kemarin.

Kunjungan Ombudsman ke kampung-kampung itu didampingi oleh Camat Long Bagun, Silvanus Sangiang.

Ia menyebut berdasarkan pantauan tersebut Ia mengapresiasi kinerja pemerintah yang tetap bisa melakukan pelayanan publik meski dengan segala keterbatasan yang ada.

"Kami juga melakukan kunjungan keempat kampung, yaitu kampung Long Hurai, Mamahak Besar, Mamahak Ulu dan Rukun Damai.

Dari apa yang kami lihat secara langsung dan apa yang dipaparkan oleh Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah maka saya menarik satu kesimpulan bahwa pelayanan publik di kabupaten Mahulu berjalan," jelasnya.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...