• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

ORI DIY Canangkan Gerakan Memilah Sampah Usai Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI
PERWAKILAN: D I YOGYAKARTA • Jum'at, 18/08/2023 •
 
Pengumpulan sampah plastik di RUMAH BOTIK (Rumah Botol Plastik), ORI DIY, Kamis (17/8/2023)

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sesaat setelah Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kamis 17 Agustus 2023, pukul 08.30 WIB, telah dicanangkan gerakan memilah sampah di lingkungan Ombudsman RI (ORI) Perwakilan DIY.

Insan Ombudsman RI DIY dan Sahabat Ombudsman RI di DIY membaca ikrar bersama tentang komitmen pemilahan sampah dari rumah dan tempat kerja.

"Kami Insan Ombudsman RI Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sahabat Ombudsman RI, dengan ini menyatakan merdeka dari tumpukan sampah. Hal-hal mengenai pemilahan dan pengolahan sampah di kantor dan di rumah, dilakukan dengan seksama dan dalam waktu setiap harinya."

Usai pembacaan ikrar, dilanjutkan pembuatan biopori secara simbolik, pembuangan sampah organik ke dalam biopori dan pengumpulan sampah plastik di RUMAH BOTIK (Rumah Botol Plastik).

Kepala ORI Perwakilan DIY, Budhi Masturi, menjelaskan pencanangan gerakan ini diharapkan dapat mendorong kesadaran baru di lingkungan Ombudsman RI DIY, Sahabat Ombudsman RI dan masyarakat pada umumnya, untuk membangun budaya memilah dan mengelola sampah menjadi berkah.

Nantinya sampah-sampah tersebut akan ditukarkan menjadi dana kesejahteraan para tenaga pendukung di Ombudsman RI DIY, seperti OB dan satpam, melalui aplikasi pengambilan sampah ekonomis.

"Semoga ini semua menjadi bagian dari kontribusi untuk Jogja Istimewa agar terbebas dari tumpukan sampah," pungkasnya.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...