• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Sumbar Selamatkan Potensi Kerugian Masyarakat Rp3,3 Miliar Sepanjang 2022
PERWAKILAN: SUMATERA BARAT • Senin, 30/01/2023 •
 

Merdeka.com - Sepanjang tahun 2022, Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyelamatkan potensi kerugian masyarakat 3,3 miliar. Potensi kerugian itu diakibatkan malaadministrasi pelayanan publik.

"Sepanjang 2022 sebanyak 216 laporan yang terselesaikan, 37 di antaranya merupakan laporan dugaan malaadministrasi yang diselamatkan potensinya dengan nominal Rp3,3 miliar," kata Kepala Perwakilan Ombudsman Sumbar Yefri Heriani ditemui merdeka.com, Jumat (27/1).

Dia memaparkan, malaadministrasi secara tidak langsung merugikan masyarakat, baik moril ataupun materiil. Penghitungan potensi kerugian ini akan dilakukan setiap tahunnya.

"Ini akan menjadi poin penting tugas Ombudsman bersama pemerintah agar malaadministrasi ini tidak terjadi lagi di Sumatera Barat," lanjutnya.

Dia menambahkan, penyelamatan potensi kerugian masyarakat akibat malaadministrasi terjadi pada 10 sektor, yakni pedesaan, pendidikan, perbankan, kelurahan, agraria, pajak, kepegawaian, kesehatan, keagamaan, serta kepolisian.

"Tiga penyelamatan terbesar yang ditemukan pada sektor agraria sebesar Rp1,4 miliar, kemudian kesehatan Rp1 miliar dan selanjutnya pedesaan Rp726 juta," jelasnya. [yan]





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...