• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman sidak hari pertama kerja ke RSUD Padang
PERWAKILAN: SUMATERA BARAT • Rabu, 09/04/2025 •
 

Padang (ANTARA) - Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) menggelar inspeksi mendadak atau sidak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Rasidin Padang pada Selasa (8/4).

Ketua Tim dari Ombudsman Sumbar Rendra Catur Putra mengatakan dalam sidak tersebut pihaknya ingin memastikan terpenuhinya layanan masyarakat di rumah sakit usai Lebaran 1446 H.

"Kami ingin memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD dr Rasidin Padang setelah momen libur Lebaran," kata Catur di Padang.

Dalam pemeriksaan itu pihak Ombudsman Sumbar didampingi langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan RSUD dr Rasidin Irwandi dalam melakukan pengawasan.

Dari kegiatan itu diketahui bahwa pada hari pertama kerja usai libur lebaran 1446 H, seluruh pegawai yang bertugas pada shift pagi sebanyak 205 pegawai.

Tim kemudian memeriksa jumlah kehadiran sesuai jadwal yang ada, dan hasilnya sebanyak 205 orang hadir seluruhnya pada hari pertama kerja.

Tim juga meninjau layanan di Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang terpantau ramai dengan dengan rincian sekitar tiga tempat tidur (bed) di traise merah, tiga bed traise kuning, dan dua bed traise hijau terisi penuh oleh pasien.

Kepala Ruangan IGD Meta mengatakan bahwa IGD menerima sekitar empat hingga lima puluh pasien dalam setiap harinya, dengan kondisi traise merah (gawat darurat) mendominasi ruangan IGD sepanjang libur lebaran.

Tim Ombudsman Sumbar kemudian juga mengunjungi 14 poli yang tersedia di RSUD Padang, sebanyak 13 poli memliki Dokter yang bertugas, sedangkan satu poli lainnya Dokter yang bersangkutan sedang melakukan operasi pasien.

Dalam kesempatan itu Ketua Tim Sidak Ombudsman Rendra Catur Putra, menyampaikan sejumlah saran terhadap perbaikan pelayanan di RSUD dr Rasidin Padang.

Pertama adalah memfasilitasi lahan parkir khusus kelompok rentan yang aksesnya tidak terlalu jauh dengan ruang pelayanan.

Kedua mengaktifkan pengelolaan pengaduan yang dapat diakses oleh penerima layanan, lalu melakukan upaya pemenuhan keterbatasan tempat tidur di ruang IGD melihat grafik kunjungan yang semakin tinggi.

Kemudian agar mendukung dan menggalakan program unggulan Pemerintah Kota Padang yaitu BPJS Gratis untuk meningkatkan jumlah pelayanan untuk Masyarakat Kota Padang.

Rendra menyampaikan apresiasi terhadap pelayanan dan integritas yang ditunjukan oleh seluruh pegawai RSUD dr Rasidin dalam semangat memberikan pelayanan kepada Masyarakat.



Pewarta : Fathul Abdi

Uploader: Jefri Doni

COPYRIGHT © ANTARA 2025





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...