• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Pantau Tes SKD CPNS di Undiksha
PERWAKILAN: BALI • Jum'at, 24/09/2021 •
 
NusaBali.com - Suasana tes SKD CPNS di Undiksha, Kamis (23/9) siang. .-IST

SINGARAJA, NusaBali - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab memantau pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2021 untuk delapan instansi lingkup Provinsi Bali di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), pada Kamis (24/9) pagi.

Umar menyebutkan dari hasil pemantauan, proses dan prosedur tes SKD berjalan dengan baik. Kata dia, diharapkan tidak ada temuan yang sangat krusial seperti adanya joki dan pelanggaran lainnya. Semua sudah dicek dengan cara melihat KTP dan menggunakan aplikasi pencocokan wajah. "Sejauh ini tidak ada temuan yang krusial. Semuanya berjalan lancar. Semoga bisa menghasilkan produk PNS, dosen yang berkualitas," sebutnya.

Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang juga Sekda Buleleng, Gede Suyasa menambahkan, tes SKD sudah berjalan sesuai protokol kesehatan (prokes) dan dipantau sejak proses persiapan. Sejak Jumat, (17/9) lalu, panitia diminta untuk melengkapi tempat SKD dengan QR Code aplikasi PeduliLindungi untuk skrining awal para peserta, dan panitia sudah menjalankan instruksi tersebut.

Pelaksanaan prokes pada SKD ini juga dipantau oleh Ombudsman Provinsi Bali dan para rektor yang universitasnya juga membuka formasi pada SKD CPNS ini. "Saya nilai panitia sudah sangat siap. Utamanya, pada penerapan prokes di masa pandemi Covid-19 ini," kata Suyasa.

Sementara itu, Rektor Undiksha Nyoman Jampel selaku Koordinator Pelaksanaan SKD CPNS mengatakan, pelaksanaan tes ini merupakan kesepakatan dari empat universitas negeri dan dua balai. Undiksha mempersiapkan kesepakatan tersebut dengan matang agar proses pelaksanaan seleksi tidak ada kendala dan sesuai dengan arah kebijakan panitia seleksi nasional (Panselnas).

Diharapkan, bisa memberikan kenyamanan bagi para peserta sehingga bisa mengikuti tes dengan sebaik-baiknya. "Ini penentuan kelulusan menjadi ASN tergantung pada kemampuan dirinya sendiri. Tidak bisa dibantu orang lain. Maka, kami siapkan tempat yang nyaman dan akan terlihat nanti siapa yang diterima betul-betul orang dengan kualitas terbaik," kata Jampel.

Pelaksanaan tes SKD CPNS di Undiksha sendiri berlangsung 20-25 September 2021. Sebanyak 1.911 orang peserta akan memperebutkan formasi di empat universitas dan empat instansi di bawah naungan Kemendikbudristek RI yang ada di Bali yakni Undiksha, Universitas Udayana (Unud), Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Politeknik Negeri Bali (PNB), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali, Balai Pelestarian Budaya Provinsi Bali, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Bali serta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII. *mz





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...