• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman NTB Serap Aspirasi Masyarakat di Sumbawa
PERWAKILAN: NUSA TENGGARA BARAT • Rabu, 01/11/2023 •
 
Kegiatan Akselarasi Peningkatan Akses Pengaduan Masyarakat Khususnya Konsultasi Non Laporan (KNL) yang dilaksanakan Ombudsman Perwakilan NTB

KBRN, Sumbawa : Ombudsman Republik Indonesia, Perwakilan NTB, terus meningkatkan kualitas pengawasannya terhadap penyelenggaraan pelayanan publik. Dibuktikan dengan pelaksanaan kegiatan Akselarasi Peningkatan Akses Pengaduan Masyarakat Khususnya Konsultasi Non Laporan (KNL) di Kabupaten Sumbawa, Selasa (31/10/2023). 

Kepala Perwakilan Ombudsman NTB, Dwi Sudarsono mengatakan, kegiatan tersebut untuk memastikan bahwa masyarakat di Kabupaten Sumbawa memiliki akses yang lebih baik untuk mengadukan permasalahan terkait pelayanan publik. Dalam kegiatan ini,, selain akses pengaduan, diselenggarakan juga sarasehan yang bertujuan untuk menyosialisasikan peran, fungsi, dan tugas Ombudsman kepada masyarakat. Tujuannya untuk lebih mengedukasi masyarakat terkait perannya dalam pengawasan pelayanan publik.

"Dengan kegiatan ini, kita bisa memetakan terkait pelayanan publik dan maladministrasi dalam semua bidang yang dihadapi oleh masyarakat," ujar Dwi. 

Dia mengatakan, bahwa berbagai pihak, termasuk pegawai pemerintah, pihak sekolah, petani dan nelayan, diundang untuk berpartisipasi dalam diskusi dan tanya jawab terkait persoalan yang ditemukan dalam pelayanan publik di Sumbawa.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memetakan permasalahan pelayanan publik yang dihadapi oleh masyarakat. Serta meningkatkan jumlah laporan keluhan dari masyarakat. 

"Beberapa permasalahan yang muncul termasuk keluhan terkait ketersediaan pupuk, sertifikat tanah, pungutan sekolah dan jasa penyeberangan," kata Dwi. 

Dalam hal ini, lanjut Dwi, pihaknya ingin memberikan kemudahan bagi warga untuk berkonsultasi tanpa harus datang ke kantor. Masyarakat dapat menghubungi Ombudsman melalui berbagai cara seperti email, nomor telepon, WhatsApp, pusat layanan dan media sosial mereka. 

Dengan cara ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengungkapkan keluhan dan menemukan solusi terhadap masalah pelayanan publik. "Kegiatan ini mencerminkan komitmen Ombudsman NTB dalam meningkatkan kualitas pengawasannya dan memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat di Kabupaten Sumbawa," pungkasnya.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...