• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Nilai Pelayanan Publik Pemkot Serang Capai Zona Hijau
PERWAKILAN: BANTEN • Kamis, 05/01/2023 •
 
Istimewa

Serang, (gerbangbanten.co.id) - Sekretaris Daerah Kota Serang H. Nanang Saefudin didampingi dengan ASDA III Kota Serang Kusna Ramdani menerima kunjungan OMBUDSMAN RI Perwakilan Banten terkait koordinasi peningkatan kualitas pelayanan publik bertempat di Ruang Aula Sekda Kota Serang, Kamis (05/01).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Perwakilan OMBUDSMAN Provinsi Banten Fadli Afrian mengatakan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka membangun mekanisme kerja, komunikasi dan konsolidasi yang lebih baik kedepannya serta menginformasikan hasil penilaian kepatuhan Kota Serang telah mencapai zona hijau.

"Kami menginformasikan hasil penilaian kepatuhan dimana untuk tahun ini alhamdulillah kota serang lebih baik, sudah mencapai zona hijau dari sekian tahun berada di zona kuning, dan bagaimana ke depan tentu kita akan saling mendukung agar hasilnya lebih baik lagi" Ucapnya.

"Sekarang sudah hijau dari sekitar 6 tahun kuning, mudah-mudahan tahun depan hijaunya lebih tebal" Sambungnya.

Disampaikan juga bahwa salah satu persyaratan untuk mencapai zona hijau, terutama harus memenuhi komponen standar pelayanan publik yang sudah diamanatkan dalam Undang-undang No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

"Itu salah salah satu dimensinya dan kemudian kami mengukur tentang kompetensi dari pelaksanaan pelayanan publiknya" Ucapnya.

"Jadi ada wawancara, kami mewawancarai secara internal dari empat unsur jabatan di OPD, kemudian kami menilai dari persepsi maladministrasi dengan mewawancarai masyarakat yang sedang melakukan pelayanan di satu instansi tersebut dan dari pengelolaan pengaduan masyarakat oleh OPD tersebut" Sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kota Serang H. Nanang Saefudin mengatakan dengan hasil ini perlu disyukuri dan mengingat untuk tidak berbesar hati karena kedepannya bisa saja kembali menjadi zona kuning.

"Bisa jadi kedepannya kalau kita tidak melakukan optimalisasi perbaikan-perbaikan, kita bisa turun lagi menjadi kuning, untuk itu barangkali nanti kita akan melakukan pemanggilan kepada OPD untuk terus melakukan perbaikan dari apa yang menjadi kekurangan" Ucapnya.

Lebih lanjut, Nanang menyampaikan hasil yang sudah diperoleh bukan tujuan tetapi merupakan alat untuk mencapai tujuan. Ia mengatakan yang terpenting adalah bagaimana peningkatan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik dan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

"Intinya dari mulai peningkatan SDM, sarana dan prasarana walaupun kita tau sarana dan prasarana kita masih belum optimal tapi yang paling penting bagi kita semua adalah komitmen, tanpa adanya komitmen yang baik semua ini tidak akan terwujud, kita bersyukur sekarang dari kuning sudah masuk ke hijau tetapi jangan lengah, saya yakin penilaian ke depan akan lebih berat" Ucapnya.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...