Ombudsman Kalsel kunjungi DKISP Banjar

Banjarbaru (ANTARA) - Kepala Keasistenan Pencegahan Ombudsman Kalsel Maulana Ahmadi mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi pengelolaan pengaduan yang masuk melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar.
Hal tersebut diungkapkannya, saat melakukan
kunjungan kerja ke kantor DKISP Banjar dan diterima oleh Kepala Bidang
Informasi Komunikasi Publik (Kabid IKP) M Hamdani di ruang Kepala Dinas, Selasa.
"Kami ingin melihat respon dan seberapa
banyak pengaduan atau keluhan dari masyarakat yang telah disampaikan melalui
LAPOR. Salah satunya tentang layanan PDAM Intan Banjar," ujar Hamdani.
Ia mengatakan, dilihat dari perkembangan beberapa
tahun terakhir laporan yang masuk melalui LAPOR dari Kabupaten Banjar semakin
tahun semakin banyak yang artinya kesadaran masyarakatnjuga semakin meningkat.
"Aplikasi LAPOR sebagai wadah untuk
menyampaikan keluhan atau pengaduan yang hampir bisa dipastikan laporan itu ditindaklanjuti
oleh instansi terkait, jadi tidak akan salah sasaran," ucapnya.
Sementara itu Kabid IKP M Hamdani mengatakan,
kedatangan Ombudsman RI perwakilan Kalsel untuk melakukan evaluasi terkait
layanan pengaduan LAPOR MANIS (Maju, Mandiri,Agamis) di Kabupaten Banjar.
Saat ini sudah berjalan dengan baik, dimanfaatkan
oleh masyarakat untuk menginformasikan atau menanyakan tentang pelayanan publik
yang ada di Kabupaten Banjar dan sudah direspon pihak terkait," ungkapnya.
Dijelaskan, LAPOR MANIS menjadi sarana bagi
masyarakat yang bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat bagaimana caranya
mengadukan sebuah layanan publik dan menjadi hal positif.
"LAPOR MANIS juga mendapat respon bagus dari
Bupati Banjar yang sangat intens untuk melakukan pantauan terhadap
laporan-laporan dari masyarakat yang ditindaklanjuti oleh SKPD terkait,"
katanya.








