• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Kalbar Tekankan Core Value ASN di BPS Kabupaten Landak
PERWAKILAN: KALIMANTAN BARAT • Senin, 28/11/2022 •
 
Ombudsman Kalbar bersama jajaran BPS Kabupaten Landak usai internalisasi core value BerAKHLAK.

KBRN, Pontianak: Ombudsman Kalbar memberikan pemahaman kepada ASN Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Landak dalam kegiatan internalisasi core value BerAKHLAK, yang bertempat di Aula Kantor BPS Kabupaten Landak, Jumat (25/11/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala BPS Kabupaten Landak, Guntur Prahara berserta jajaran. Dalam pembukaannya, Guntur Prahara mengingatkan kepada seluruh ASN di lingkungan BPS Kabupaten Landak agar selalu menanamkan dan menerap nilai-nilai inti BerAKHLAK dalam melaksanakan tugas sehari-hari serta mengedepankan pelayanan publik yang prima.

Dalam kegiatan tersebut, pihak Ombudsman Kalbar yang diwakili oleh Tari Mardiana, dan M. Rhida Rachmatullah, selaku Asisten Ombudsman RI menyampaikan materi mengenai pengawasan pelayanan publik oleh Ombudsman serta implementasi core value BerAKHLAK ASN pada pelayanan publik.

Dalam paparannya, Tari menyampaikan pentingnya setiap ASN menyadari dan memahami bahwa hakikatnya ASN merupakan pelayan publik. Ia menegaskan bahwa ASN harus dapat memberikan pelayanan publik secara optimal dengan mengedepankan nilai integritas, kejujuran, cepat, tanggap, berdaya guna, berhasil guna, profesional dan santun.

"Kita terbiasa memaklumi pelayanan yang lambat, berbelit-belit. Padahal prinsipnya pelayanan itu harus sederhana, harus jelas dan terbuka, tepat waktu, sehingga ada kepastian pelayanan bagi masyarakat. Yang harus diubah cara pikir dan cara kerja pelaksana dan penyelenggara dulu, dari yang mindset-nya dilayani menjadi melayani," tegasnya.

Dalam memberikan pelayanan prima, fokus utama penyelenggara layanan adalah melayani masyarakat, berorientasi pada perbaikan kinerja secara berkelanjutan, serta memahami peranan masing-masing dalam proses operasional organisasi.

Tari menerangkan bahwa setiap ASN saat ini harus sudah bertransformasi dan siap dengan segala perubahan-perubahan yang ada, mulai dari revolusi mental, reformasi birokrasi serta harus didukung dengan budaya kerja BerAKHLAK oleh setiap ASN. Nilai-nilai inti BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi pada Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif harus diterapkan sejak dini sehinga budaya melayani tumbuh dan selalu dikedepankan dalam pelayanan publik.

"Kami berharap, agar para ASN di BPS Kabupaten Landak dapat berkerja sesuai dengan tugas dan fungsinya dan membangunan kesadaran melayani bagi masyarakat. Selain itu, komitmen pimpinan merupakan kunci dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di masing-masing instansi dengan dapat memberlakukan reward dan punishment secara seimbang," pungkasnya. (*)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...