Ombudsman Jemput Bola Layanan Aduan ke Persatuan Tunanetra Indonesia Babel

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dalam rangka mendekatkan akses aduan kepada masyarakat, Ombudsman Babel melakukan kegiatan Jemput Bola Layanan aduan ke kantor DPD Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Bangka Belitung pada Kamis, 6 Maret 2025.
Kegiatan yang dipimpin oleh Shulby Yozar Ariadhy selaku Kepala Perwakilan Ombudsman Babel tersebut disambut baik oleh Eka Pratiwi Taufanty selaku Ketua DPD Pertuni Babel. Kegiatan Jemput Bola Layanan Aduan adalah layanan unggulan Ombudsman Babel dalam memberikan akses pengaduan prioritas yang diberikan kepada masyarakat rentan termasuk kelompok disabilitas.
Selain itu, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Ombudsman RI yang ke 25 Tahun ditujukan untuk menjaring isu-isu krusial pelayanan publik bagi kelompok disabilitas.
"Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian peringatan hari jadi Ombudsman RI yang ke 25 Tahun. Kami merasa perlu menjaring kemitraan yang serius dengan kelompok disabilitas termasuk dengan DPD Pertuni Babel. Tentunya Ombudsman Babel serius dalam memberikan pendampingan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Bangka Belitung", imbuh Yozar.
Terkait dengan isu layanan krusial yang dibutuhkan oleh penyandang tuna netra, DPD Pertuni Babel menyampaikan bahwa ada beberapa layanan yang sulit diakses penyandang tuna netra seperti sulit dalam mendapatkan bantuan alat bantu, pengajuan kepesertaan BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI), bantuan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan pelibatan kesempatan kerja di sektor formal.
Selanjutnya Ombudsman Babel memberikan pemahaman tentang hal-hal yang bisa dilakukan oleh DPD Pertuni Babel agar dapat berpartisipasi aktif dalam pengawasan pelayanan publik.
"Terkait dengan pemenuhan hak pelayanan publik yang dibutuhkan kelompok tuna netra, kami mendorong teman-teman tuna netra dapat aktif menyuarakan keluh kesahnya jika sewaktu-waktu memperolah pelayanan publik yang diskriminatif. Bahkan jika merasa terdapat dugaan maladministrasi dalam pelayanan publik, silahkan sampaikan ke Ombudsman Babel. Kami berkomitmen memberikan pelayanan pengaduan yang professional, berintegritas dan adil kepada seluruh masyarakat termasuk kepada masyarakat tuna netra di Bangka Belitung, tambah Yozar.
Terpisah, Eka Pratiwi Taufanty selaku Ketua DPD Pertuni Babel menyambut baik kegiatan jemput bola yang dilakukan Ombudsman Babel. Kunjungan Ombudsman Babel ini adalah bentuk perhatian dan dukungan berupa pendampingan yang sangat dibutuhkan oleh kelompok disabiltas. Karena saat ini, harus diakui masih banyak kelompok disabilitas yang belum familiar dengan istilah pelayanan publik dan Ombudsman.
"Kami kelompok tuna netra sangat membutuhkan pendampingan dalam pemenuhan hak pelayanan publik, bukan dipandang hanya sebagai penerima charity/bantuan saja.Kami mengapresiasi kegiatan pendampingan dan jemput layanan yang diberikan Ombudsman ini.
Di momen peringatan hari jadi ke-25 Ombudsman ini, kami sangat berharap Ombudsman dapat menjadi lembaga yang kredibel dan profesional dalam mengawal pemenuhan hak-hak pelayanan publik bagi kelompok disabilitas di Bangka Belitung", tutup Eka.