• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Jateng Dorong Tingkatkan Pelayanan Pengaduan Warga Binaan di LPP Semarang
PERWAKILAN: JAWA TENGAH • Senin, 11/10/2021 •
 
Kepala Ombudsman RI Jateng menyerahkan banner kanal pengaduan call center Ombudsman Jateng

TERASJATENG.ID - Kepala Perwakilan Ombudsman RI (ORI) Provinsi Jawa Tengah menghadiri peresmian Klinik Pratama, Peluncuran Inovasi Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang, Penyerahan Nomor Aduan dari Ombusman dan Kegiatan Fashion Show di Lapas Perempuan Kelas II A Semarang, Kamis (7/10/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Tengah Siti Farida, dalam sambutannya, sangat mengapresiasi atas peningkatan pelayanan bagi warga binaan Lapas Perempuan Kelas II A Semarang.

"Semoga Inovasi ini memberikan dampak/outcome pelayanan bagi warga binaan pada khususnya maupun masyarakat umum, berupa pelayanan yang cepat, transparan, dan mudah", ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut secara langsung Siti Farida menyerahkan banner kanal pengaduan Call Center Ombudsman Jateng. Harapannya, adanya peningkatan pengelolaan pengaduan dengan adanya kanal aduan langsung ke Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah. Pernyataan Siti Farida ini mendapatkan dukungan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah, A. Yuspaharuddin BH, Bc.IP., S.H., M.H.yang ikut menghadiri kegiatan tersebut.

"Kerja sama ini diharapkan mendorong pengelolaan pengaduan yang semakin mudah dijangkau oleh warga binaan dan pada akhirnya menjadi sarana pengawas pelayanan publik yang diselenggarakan LPP Semarang", tegasnya.

Diharapkan ke depan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Semarang terus memperbaiki kualitas pelayanan publik untuk mewujudkan pelayanan prima dan kegiatan yang diselenggarakan oleh LPP Semarang terus mengedepankan perlindungan hak asasi manusia bagi setiap warga binaan.

Tingkatkan Layanan

Inovasi yang dilaunching diantaranya Emosi (E-monitoring Sistem Integrasi) merupakan sistem informasi berupa web meliputi tahapan masa pidana dan tahapan integrasi warga binaan pemasyarakatan di Lapas Perempuan Semarang. Pramesmart (Pramesti Market) merupakan aplikasi e-commers Lapas Perempuan Semarang yang menjual berbagai produk warga binaan mulai dari makanan, pakain, bed cover dan lain sebagainya.

Silakan (Sistem Lacak Kiriman) sebuah inovasi yang digunakan untuk pelacakan barang kiriman secara real time, sehingga keluarga warga binaan dapat memantau secara langsung status barang titipaannya.

Keluarga yang mengirimkan barang akan mendapatkan nomer resi yang nantinya dapat digunakan untuk melacak barang dikirimnya. Si Juli (Sistem Kunjungan Online) adalah menu yang digunakan untuk pendaftaran kunjungan online bagi narapidana dan tahanan.

Menu kunjungan online ini juga dapat digunakan untuk mendaftar kunjungan badan, sehingga ketika datang ke ruang layanan hanya menunjukkan bukti telah mendaftar dan akan cek oleh admin.

Keunggulan menu kunjungan online ini adalah membuat kunjungan online yang semula mendaftar menggunakan nomor wa dapat berbasis web yang lebih mudah akses serta pengawasan pengunjung bagi lapas dapat lebih mudah. Yang mana ketiga layanan tersebut dapat diakses melalui website www.lppsemarang.com

Christian Heru





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...