• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Bali Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif di Tahun 2023: Harus Berani Lapor Demi Perbaikan
PERWAKILAN: BALI • Rabu, 11/01/2023 •
 
Kaper ORI Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti

RINGTIMES BALI - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali Ni Nyoman Sri Widhiyanti ajak masyarakat Bali untuk berpartisipasi aktif pada tahun 2023.

Ia menyebutkan selama tahun 2022, masyarakat di Bali masih belum berani melaporkan keluhannya terkait dengan pelayanan publik.

"Masyarakat sering kali tidak mau atau masih enggan untuk melapor, walaupun kami telah menjelaskan bahwa ada kerahasiaan," ujarnya pada Rabu, 11 Januari 2023.

Menurutnya, laporan dari masyarakat merupakan hal yang penting sebagai bahan perbaikan ke depan.

Masalah ini juga menjadi PR bagi Ombudsman Bali pada tahun 2023 agar lebih menggencarkan sosialisasi.

Salah satunya dengan rencana perekrutan duta pelayanan publik yang dapat menyebarkan pentingnya pelayanan publik kepada masyarakat.

Pihaknya juga telah membuat Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) on the spot di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

"Untuk tahun 2023, kami harapkan masyarakat harus mulai berani melapor karena ini demi perbaikan. Dengan partisipasi masyarakat dalam mengadu dan melakukan monitoring bersama-sama, pelayanan publik bisa cepat berubah menjadi lebih baik," jelasnya.

Lebih lanjut, Unit PVL Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali telah menerima 850 pengaduan sepanjang tahun 2022.

Pengaduan tersebut terdiri dari 40% atau 339 pengaduan terkait dengan Konsultasi Non Laporan (KNL), 16% atau 134 Surat Tembusan, 25% atau 211 Laporan Respon Cepat Ombudsman (RCO), dan 19% atau 166 Laporan Masyarakat (LM).***





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...