• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Babel Komitmen Permudah Aduan Penyandang Disabilitas di Belitung
PERWAKILAN: KEPULAUAN BANGKA BELITUNG • Jum'at, 05/09/2025 •
 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ombudsman Bangka Belitung berkomitmen mempermudah akses pengaduan bagi penyandang disabilitas. Komitmen itu disampaikan saat melakukan layanan jemput bola ke Ikatan Keluarga Penyandang Disabilitas Belitung (IKPDB), Selasa (2/9/2025).

Kepala Ombudsman Babel, Shulby Yozar Ariadhy, memimpin langsung pertemuan di Sekretariat IKPDB. Kehadiran Ombudsman disambut Ketua IKPDB, Kristian, bersama pengurus organisasi. Dalam diskusi, sejumlah persoalan layanan publik diungkapkan penyandang disabilitas. Mulai dari sarana dan prasarana yang belum ramah disabilitas, minimnya pelatihan kewirausahaan, hingga ketiadaan layanan khusus bagi kelompok rentan.

"Ombudsman merasa terpanggil memberikan aksesibilitas yang mudah bagi kelompok rentan dalam menyampaikan keluhan pelayanan publik. Dan benar saja, ternyata banyak sekali isu yang harus dibenahi agar layanan lebih ramah," ujar Yozar, dalam rilis kepada Pos Belitung.

Ia menegaskan penyediaan fasilitas khusus bagi disabilitas merupakan asas penting pelayanan publik. Karena itu, Ombudsman meminta pemerintah daerah dan instansi terkait serius melakukan perbaikan. Di akhir pertemuan, Ombudsman memastikan ada kemudahan layanan khusus untuk masyarakat disabilitas dalam menyampaikan pengaduan.

"Kami akan memberikan pelayanan khusus dalam penyampaian aduan. Harapannya kolaborasi ini berjalan baik dan membawa dampak nyata," kata Yozar.






Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...