• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Babel Jemput Bola, Layanan Aduan Ditingkatkan
PERWAKILAN: KEPULAUAN BANGKA BELITUNG • Selasa, 04/02/2025 •
 
Kegiatan Ombusman On the Spot di salah satu puskesmas di Kabupaten Bangka (Dok.Ombusman)

KBRN,Sungailiat : Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya meningkatkan aksesibilitas layanan pengaduan bagi masyarakat. Melalui program "Ombudsman on the Spot" yang telah berjalan sejak 2019, mereka aktif menjemput bola, merangkul, dan menampung aduan masyarakat secara langsung. Hal ini diungkapkan oleh Endah Septamirza, SE selaku Kepala Asisten Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) Perwakilan Ombudsman Prov. Kep. Babel dalam acara Indonesia Bisa di Programa 1 RRI Sungailiat.

Endah Septamirza menjelaskan bahwa program "Ombudsman on the Spot" telah menjangkau 20 lokus yang berbeda. Upaya ini dilakukan untuk mendekatkan layanan Ombudsman kepada masyarakat, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau. " Selain Ombudsman on the spot kami juga menyediakan berbagai alternatif pengaduan, baik melalui tatap muka, telepon, pos, SMS, maupun media sosial ujarnya, Selasa(4/2/2025).

Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, Endah mengakui bahwa masih ada masyarakat yang merasa takut untuk melaporkan maladministrasi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Ombudsman untuk terus berupaya membangun kepercayaan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang aman bagi pelapor.

Rahmat, seorang pendengar RRI, menyampaikan apresiasinya terhadap program "Ombudsman on the Spot". Menurutnya, program ini sangat membantu masyarakat awam untuk lebih mengenal Ombudsman dan perannya dalam pengawasan pelayanan publik. Ia juga menyoroti bahwa masih banyak masyarakat desa yang belum memahami terkait Ombudsman.

Endah berharap, di tahun 2025, pihaknya dapat menambah lebih banyak lokus untuk program "Ombudsman on the Spot". Dengan demikian, semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses layanan pengaduan dan berpartisipasi dalam pengawasan pelayanan publik.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...