• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Meilisa Fitri Harahap Ombusman Sumatera Barat : Dengan Sosialisasi , Cegah Mal Administrasi Pelayanan Publik
PERWAKILAN: SUMATERA BARAT • Jum'at, 19/11/2021 •
 

Patroli.co, Pasaman | Guna meningkatkan Kualitas pelayanan Publik di Nagari yang ada di Kabupaten Pasaman, Ombusman Wilayah Sumatera Barat bekerjasama dengan Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman melaksanakan Sosialisasi terhadap para camat dan wali nagari di aula Kantor Bupati Pasaman pada Jumat 19/ 11/ 2021.

Ikut hadir pada kegiatan tersebut , Bupati Pasaman yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Pemerintahan Anasrullah, Asisten III Joko Rivanto ,Kabag Organisasi Akhsan , dan Seluruh Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman ,

Sedangkan dari Ombusman Wilayah Sumatera Barat hadir selaku Narasumber pada kegiatan tersebut antara lain , Kepala Keasistenan Pemeriksaan, Meiliza Fitri Harahap, Asisten Ombusman Rahmadian Novert, dan Asisten Ombusman lainya Harpha Nanda.

Sementara itu, Kepala Keasistenan Pemeriksaan Ombusman Sumatera Barat dalam paparan mengatakan, Ombusman merupakan lembaga Negara pengawas pelayanan Publik,  baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintah termasuk yang selenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara, Badan usaha Milik Daerah dan Badan Hukum Milik Negara serta Badan Swasta Atau Perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari APBN / APBD sesuai dengan Pasal 1 Undang Undang 37 Tahun 2008.

Ia juga menambahkan, untuk menghindari terjadinya maladministrasi dalam sistem pelayanan terutama di pemerintahan kecamatan maupun Nagari, Ombusman berupaya terus memberikan pemahaman dan sosialisasi terhadap perangkat Nagari ataupun kecamatan, untuk itu perlu kerjasama dengan pihak pemerintah setempat. Disamping itu katanya, Ombudsman siap melayani pengaduan masyarakat yang menjadi korban langsung tindakan maladministrasi hal tersebut sesuai dengan Pasal 23 Undang Undang 37 Tahun 2008.

Bupati Pasaman yang diwakili oleh staf Ahli bidang Hukum dan Pemerintahan pemerintah Kabupaten Pasaman Anasrullah dalam sambutanya menyebutkan, maksud dengan penyelenggara playanan Publik adalah Institusi penyelenggara Negara, Korporasi dan lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang undang untuk kegiatan pelayanan publik , untuk itu Nagari sebagai salah satu lembaga negara dan untuk itulah sangat penting bagi para Wali Nagari untuk mengikuti sosialisasi pelayanan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang sedang dilaksanakan.

Disamping itu, pelayanan publik merupakan muara keberhasilan birokrasi reformasi untuk itulah Kabupaten Pasaman telah menempatkan kulitas pelayanan Publik pada visi misi rencana Pembangunan jangka menengah Daerah ( RPJMD ) tahun 2021 - 2026 pada misi ke 6 ( enam ) yang isinya antara lain mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dan untuk sasaran ke 3 ( tiga ) mewujudkan birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

"Kepada Para. Camat dan Wali nagari Bupati meminta agar terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di wilayah kerjanya masing masing ," Tutupnya,

( Karno )





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...