Kepala Ombudsman RI Kaltim Tinjau Pelayanan di MPP Samarinda

InfoBenua.Com.Samarinda: Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Samarinda menerima kunjungan dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Kamis (25/7/2024). Kunjungan ini merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi pengawasan pelayanan publik dengan cara memastikan gerai-gerai di MPP beroperasi sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Dalam kunjungannya, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kaltim, Hadi Rahman yang didampingi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI mengungkapkan, MPP menjadi lokus dalam peninjauan hari ini.
"Kami meninjau semua 44 gerai yang ada di MPP, mulai dari lantai 1 hingga 3 baik dari Pemkot Samarinda maupun gerai-gerai eksternal," ujar Hadi.
Titik fokus dalam tinjauan hari ini tidak hanya
melihat aspek Sumber Daya Manusia (SDM) tetapi juga sarana dan prasarana yang ada, standar pelayanan, informasi produk layanan, kehadiran petugas, digitalisasi layanan, serta pengelolaan pengaduan dan kepuasan masyarakat Kota Samarinda.
Dari tinjauan itu, Ombudsman memberikan beberapa catatan. Seperti keaktifan petugas di gerai-gerai harus dijaga dan kejelasan produk layanan di setiap gerai yang ada. Meski demikian, Hadi menilai MPP Samarinda sudah menunjukkan perkembangan yang positif.
Sehingga, pihaknya akan terus mendorong perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik di Samarinda, sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.
"Harapan kami, yang menjadi catatan-catatan di atensi oleh mereka kemudian dilakukan upaya-upaya perbaikan supaya MPP di Samarinda ini betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Samarinda Hero Mardanus Satyawan menyampaikan kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Kaltim untuk mengevaluasi perizinan yang telah dilaksanakan. Nantinya, setelah dievaluasi akan diberikan penilaian.
"Penilaian ini penting karena kita bisa tahu peningkatan di MPP Samarinda dan ditiap tahunnya kan ada kategori-kategori terbaik yang bisa kita dicapai," ungkapnya.
Diharapkan kunjungan ini dapat memberikan masukan yang konstruktif untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Samarinda, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara optimal.








