• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

KEPALA OMBUDSMAN PERWAKILAN NTT MENGUNJUNGI LOKET DUKCAPIL KABUPATEN KUPANG
PERWAKILAN: NUSA TENGGARA TIMUR • Kamis, 03/11/2022 •
 
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTT berdiskusi dengan Pengguna Layanan di Dinas Dukcapil Kabupaten Kupang

 OELAMASI;Jejakhukumindonesia.com,Kunjungan tersebut antara lain dalam rangka memastikan telah terlaksananya penilaian pelayanan publik tahun 2022 di Dinas Dukcapil Kabupaten Kupang oleh tim ombudsman dua minggu lalu. Saya memastikan kembali bahwa form penilaian telah diisi dengan  benar sesuai fakta di lapangan. 

 Sebelum menemui pejabat dukcapil di dalam kantor, saya terlebih dahulu berbincang-bincang dengan warga yg sedang mengurus administrasi kependudukan hari itu. Kunjungan saya lanjutkan ke ruang  layanan khusus untuk layanan KK, akta lahir dan akta Kematian.

Kunjungan warga hari itu cukup banyak. Tidak ada perubahan seting ruangan loket layanan kantor ini. Loket layanan masih sama seperti kunjungan saya pada tahun sebelumnya. Loket cukup sempit dan panas karena terbatasnya ruangan kantor.   Kepada saya sejumlah warga mengaku telah melakukan foto KTP dan masih dalam proses menunggu informasi kapan KTP bisa diambil. Warga juga mengaku mengurus sendiri dan tidak melihat ada calo yang berkeliaran di dalam kantor.

 Saya kerap menerima sms/WA/telp yang mengeluhkan layanan dukcapil Kabupaten Kupang mulai dari jam pelayanan yang tidak tentu, antrian yang membludak hingga banyak calo yang berkeliaran.  Namun komplain dengan substansi tersebut tidak lagi saya terima beberapa bulan ini.

Semoga minimnya komplain tersebut sebagai dampak dari perbaikan layanan yang gencar di lakukan Dinas Dukcapil berupa pelayanan jemput bola ke desa-desa, pelayanan khusus disabilitas dan para lansia.

 Terima kasih atas kunjungan hari ini. Tetap semangat dan terus melayani dengan lebih sungguh.(*)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...