• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Hari Kemerdekaan, Ombudsman DIY Luncurkan Gerakan Merdeka dari Tumpukan Sampah
PERWAKILAN: D I YOGYAKARTA • Jum'at, 18/08/2023 •
 
Sampah. (Ilustrasi/Freepik)

Harianjogja.com, SLEMAN-Merespons persoalan sampah setelah ditutupnya TPA Piyungan, Ombudsman RI Perwakilan DIY meluncurkan gerakan Merdeka dari Tumpukan Sampah, tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia.

"Gerakan bertajuk Mari Merdeka dari Tumpukan Sampah ini diikuti insan Ombudsman RI Perwakilan DIY dan Sahabat Ombudsman RI di DIY," kata Ketua Ombudsman RI Perwakilan DIY Budhi Masthuri, Kamis (17/8/2023).

Menurut Budhi, pencanangan gerakan tersebut diawali dengan pembacaan ikrar bersama tentang komitmen pemilahan sampah dari rumah dan tempat kerja.

Selanjutnya, dilakukan pembuatan biopori secara simbolis, pembuangan sampah organik ke dalam biopori, serta pengumpulan sampah plastik di Rumah Biotik (Rumah Botol Plastik).

"Pencanangan gerakan ini diharapkan dapat mendorong kesadaran baru di lingkungan Ombudsman RI Perwakilan DIY, Sahabat Ombudsman RI, dan masyarakat pada umumnya untuk membangun budaya memilah dan mengelola sampah menjadi berkah," jelasnya.

Dia menjelaskan sampah-sampah tersebut akan ditukarkan menjadi dana kesejahteraan para tenaga pendukung di Ombudsman RI Perwakilan DIY, seperti office boy (OB) dan satpam, melalui aplikasi pengambilan sampah ekonomis.

"Semoga ini semua menjadi bagian dari kontribusi untuk Jogja Istimewa agar terbebas dari tumpukan sampah," ujar Budhi.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...