Ombudsman Maluku Minta Mendagri Perhatikan Kinerja dan Pelayanan Publik Pemkab SBB
AMBON, arikamedia.co - Ombudsman Maluku minta Mendagri
memperhatikan kinerja Pemkab Seram Bagian Barat (SBB) dalam unit layanan
standart kepatuhan publik yang di nilai masih sangat kurang dan berada dalam
zona kuning atau yang di kategorikan sebagai zona sedang.
Diungkapkan Kabupaten SBB dengan nilai akhir mencapai 65,73 kategori C yang opininya adalah kualitas sedang, dan diantara 7 unit layanan yang dinilai, masih ada beberapa Dinas yang berada dalam zona merah salah satunya yaitu Dinas Pendidikan.
"Kami beri atensi agar dinas pendidikan harus memperbaiki pelayanannya karena dinas ini mengelola dana yang begitu besar tetapi, tidak bisa mengurusi dirinya sendiri," jelas Kepala Ombudsman Perwakilan Maluku di Poka, Rabu, (21 /02/2024).
Ia berharap agar PJ Bupati SBB segera mengevaluasi kepala dinas seperti ini, dan memperbaiki kinerjanya
Menurutnya, dimensi input secara keseluruhan dalam hal ini kompetensi pelaksanaan masih sangat rendah, di mana pengetahuan mereka dalam tugas pelayanan publik masih sangat rendah bahkan mereka juga kurang paham.
Hasan menilai dari beberapa OPD yang ada di SBB, di antara nya ada yang sudah mempunyai website tapi sayangnya mereka tidak memkasimalkan hal itu padahal era ini adalah era digitalisasi, sedangkan untuk OPD yang lain nya belum mempunyai website.
Sementara Kepala Biro Organisasi SBB Syarief Heluth mengaku ke depan akan tingkatkan pelayanan publik di Kabupaten SBB agar kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah SBB menjadi puas.
Tak hanya itu, masyarakat juga menikmati apa yang merupakan bagian dari penyelenggaraan pemerintahan di sana.
"Kami akan berusaha agar kabupaten SBB mendapatkan zona hijau oleh karena itu membutuhkan kinerja dan kerja keras dari semua OPD untuk tingkatkan pelayanan publik," harapnya. (AM-18)