• - +

Kabar Perwakilan

Tiang Lampu di Trotoar Jalan Eltari Kupang Rampas Hak Pejalan Kaki, Salahi Peraturan Pemerintah
PERWAKILAN: NUSA TENGGARA TIMUR • Selasa, 03/11/2020 •
 
Pemasangan tiang lampu jalan tepat di atas trotoar yang terletak di sepanjang Jalan El Tari (Dok: Ombudsman NTT)

KUPANG- Tiang lampu di Jalan Eltari Kupang rusak trotoar. Lampu tersebut di beberapa titik Kota Kupang berada di atas trotoar. Semestinya tidak ada karena trotoar untuk warga pejalan kaki. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTT Darius Beda Daton sudah turun ke lapangan Selasa (3/11/2020).

"Pagi ini Selasa (3/11/2020), setelah menerima informasi dari warga terkait pemasangan tiang lampu jalan tepat di atas trotoar jalan," ujar Darius Beda Daton soal tiang lampu di Jalan Eltari Kupang. 

Pihaknya telah memonitor beberapa tiang lampu jalan yang sudah dicor di sepanjang Jalan Eltari. Ini untuk membuktikan kebenaran informasi tersebut. Ternyata benar, beberapa tiang lampu jalan di cor tepat di atas trotoar. Hal itu ditulisnya dalam akun Facebook pribadinya Darius Beda Daton.

Lebih lanjut ditulis sesuai dengan keadaan yang ada maka bertentangan dengan peraturan. Menurutnya, hal ini tentu bertentangan dengan PP Nomor 34 tahun 2006 tentang Jalan. Pasal 34 ayat (4) menyatakan bahwa trotoar hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki. Hak-hak pejalan kaki wajib kita utamakan. Demikian ditulis Alumni Fakultas Hukum Undana ini.

Lebih lanjut dalam postingannya bahwa sesuai fakta lapangan dan Informasi dirinya sudah meneruskan ke Wali Kota Kupang Jefri Riwu Koreh .

"Terima kasih kepada Wali Kota Kupang atas respons cepatnya yang telah meneruskan WA dan foto-foto yang saya kirim ke kontraktor pelaksana proyek. Agar jika memungkinkan digeser ke luar trotoar dan pemasangan selanjutnya agar dilakukan diluar trotoar. Semoga," tulisnya.

Salah satu warga kota Kupang Fandy L terpisah mengatakan perlu pihak terkait memperhatikan kembali penempatan tiang listrik. Agar tidak merampas hak warga pejalan kaki .

"Tiang listrik untuk hal baik tapi jangan abaikan hak pejalan kaki," katanya.

Dia berharap agar perlu diperhatikan dengan mengubah agar trotoar berfungsi sesuai peruntukannya.

"Trotoar untuk warga pejalan kaki jadi tiang listrik bisa di cari tempat lain," pintanya.(anq/cak)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...