Sinergi Focal Point: Ombudsman Sulsel Perkuat Pengawasan Layanan MBG

Makassar - Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Focal Point Pengawasan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) sebagai langkah strategis untuk memperkuat koordinasi lintas instansi dalam peningkatan kualitas layanan publik. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (9/12/2025) di Hotel Four Points Sheraton Makassar ini menjadi wadah konsolidasi bagi seluruh stakeholder guna memastikan layanan pemenuhan gizi masyarakat melalui program Makanan Bergizi Gratis (MBG) berjalan efektif, tepat sasaran, serta bebas dari potensi maladministrasi.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan Ismu Iskandar, menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi forum pertemuan, tetapi ruang bertukar pengalaman dan mencari solusi bersama.
"Sinergi focal point ini menjadi instrumen penting untuk memastikan Program Makan Bergizi Gratis berjalan lebih transparan, akuntabel, dan bermanfaat maksimal bagi masyarakat," ujarnya.
Program MBG merupakan salah satu layanan prioritas pemerintah yang menyentuh kebutuhan dasar masyarakat. Melalui pembentukan focal point, Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan berupaya memperkuat jalur komunikasi dengan penyelenggara layanan, sehingga pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan Program Makanan Bergizi Gratis (MBG) dapat ditangani secara lebih responsive sekaligus mencegah terjadinya maladministrasi sejak dini.
Kegiatan ini turut dirangkaikan dengan Pengumuman dan Penganugerahan Apresiasi Media Peduli Maladministrasi, sebagai bentuk penghargaan kepada insan pers yang telah berkontribusi dalam mengawal isu pelayanan publik. Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan menilai media memiliki peran penting sebagai mitra strategis dalam membangun budaya pengawasan yang transparan dan akuntabel.
Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan bersama para stakeholder menyepakati beberapa langkah strategis, yaitu pembentukan database narahubung stakeholder penyelenggara dan pengawas MBG, penyusunan rencana tindak lanjut pembentukan atau penguatan unit pengelola pengaduan di masing-masing penyelenggara layanan, serta pembentukan forum berkala lintas stakeholder untuk pengawasan MBG di Sulawesi Selatan.
Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan akan terus mengawal pelaksanaan Program MBG melalui pengawasan aktif, kolaborasi lintas instansi, serta penguatan budaya pelayanan publik yang responsif dan bebas maladministrasi.
Acara ini dihadiri oleh berbagai instansi strategis, antara lain DPMPTSP Provinsi Sulsel, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulsel, KPPG Makassar, Koordinator Wilayah SPPG/Kepala SPPG Wilayah Sulawesi Selatan, Balai Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BLKM) Kemenkes Makassar, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Sulsel, Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Kesehatan Kota Makassar, DPMPTSP Kota Makassar, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar, serta perwakilan media. Kehadiran beragam pemangku kepentingan menunjukkan komitmen bersama dalam memperkuat layanan publik, khususnya terkait keamanan pangan, standar gizi, dan mekanisme pengaduan masyarakat.








