• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Sidak Ombudsman, Fasilitas Lapas Belum Maksimal
PERWAKILAN: KALIMANTAN UTARA • Selasa, 11/06/2019 •
 
SIDAK: Kepala ORI Perwakilan Kaltara Ibramsyah Amirudin saat melakukan pengecekan pelayanan dan fasilitas pendukung di Lapas Kelas II-A Tarakan, Senin (10/6)./OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA

PROKAL.CO, TARAKAN - Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Kaltara, Senin (10/6) ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Tarakan pukul 09.30 WITA.

Dalam sidak kali ini Kepala ORI Perwakilan Kaltara Ibramsyah Amirudin mengecek langsung pelayanan dan fasilitas pendukung yang ada di Lapas Kelas II-A Tarakan. Adapun pengecekan dilakukan di area pelayanan kunjungan Lapas, ruang pemeriksaan, ruang klinik, ruang administrasi dan blok wanita.

Kepala ORI Perwakilan Kaltara Ibramsyah Amirudin mengatakan, sidak kali ini dilakukan untuk melihat langsung standar pelayanan dan fasilitas pendukung yang ada di Lapas Kelas II-A Tarakan, apakah standar pelayanan dan fasilitas pendukung yang ada di dalamnya sudah sesuai standar atau belum.

"Dari hasil sidak yang kami lakukan, kami melihat Lapas Kelas II-A Tarakan sudah ada perubahan dalam membenahi pelayanan dan fasilitas pendukungnya," ujarnya.

Meski dirinya nilai pelayanan dan fasilitas pendukungnya belum maksimal, dirinya menilai Lapas Kelas II-A Tarakan sudah ada niat untuk membenahi hal tersebut.

"Kami anggap saat ini pelayanan dan fasilitas pendukungnya sudah sesuai standar, tapi tetap ada koreksi yang kami lakukan agar dilakukan perbaikan untuk ke depannya," ujarnya.

Dirinya menekankan agar tidak ada oknum Lapas Kelas II-A Tarakan yang melakukan kegiatan komersil dalam memberikan pelayanan, seperti mengambil pungutan sejumlah uang kepada pengunjung.

"Bila ada hal tersebut, kami akan klarifikasi terlebih dahulu, bila terbukti baru kami lakukan tindakan tegas perihal hal tersebut," ucapnya.

Kepala Lapas Kelas II-A Tarakan RB Danang mengatakan, dirinya mengapresiasi kunjuangan Ombudsman RI Perwakilan Kaltara ke Lapas Kelas II-A Tarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap pengecekan pelayanan dan fasilitas pendukung yang ada.

"Ini kunjungan beliau yang kesekian kalinya, tentu bagi kami hal yang baik di mana tugas Ombudsman memberikan masukan terkait kekurangan yang kami miliki, baik dari segi pekerjaan fisik dan non-fisik akan kami perbaiki ke depannya," ujarnya.

Dirinya menyambut baik penjelasan dari Kepala Ombudsman Kaltara Ibramsyah Amirudin terkait pelayanan dan fasilitas pendukung Lapas Kelas II-A Tarakan yang dinilai masih sesuai standar.

"Kami senang dengan inspeksi yang dilakukan beliau, bahkan saya berkomitmen jam berapa pun, kalau ketok pintu dengan ID ORI kami akan buka, kami bukan tipe tamu datang baru beres-beres, tapi kami mau tampil apa adanya dan itulah kami," pungkasnya. (jnr/lim)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...