• - +

Kabar Perwakilan

Setelah Konsiliasi, Ombudsman Sebut Pramugara Trans Padang Lakukan Maladministrasi
PERWAKILAN: SUMATERA BARAT • Selasa, 29/10/2019 •
 
Konsiliasi di kantor Ombudsman terkait penyelesaian laporan masyarakat terkait penggunaan kartu Brizzi di Trans Padang, Kamis (24/10/2019(Foto: ombudsman)

SHARE

Covesia.com - Pramugara Trans Padang dinilai melakukan maladministrasi pada penumpang dosen UNP yang diturunkan di halte trans Padang beberapa waktu lalu. Hal tersebut terungkap saat dilakukan konsiliasi bersama di kantor Ombudsman, Kamis (24/10/2019).

"Ada 5 kesimpulan dan 3 kesepakatan diperoleh dalam konsiliasi tersebut," ungkap Yunesa Rahman, konsiliator asisten pemeriksaan laporan Ombudsman, dalam siaran persnya yang diterima, Kamis.

Tiga kesepakatan tersebut Dishub Padang melengkapi mengesahkan dan menginformasikan ke publik atau pengguna transportasi Trans Padang mengenai SOP pelayanan bus Trans Padang, termasuk SOP pramugara.

Kedua, BRI kantor cabang Padang dishub kota Padang  akan menambah intensitas sosialisasi mengenai titik lokasi dimana saja untuk mendapatkan kartu Brizzi.

Ketiga, Dishub akan mengupayakan alternatif kerjasama dengan Bank atau pihak lain dalam mendukung program pembayaran transportasi Trans Padang secara non tunai. 

Lebih lanjut Yunesa mengatakan bahwa  Pramugara  melakukan maladministrasi dikarenakan membiarkan penumpang  naik, padahal sesuai SOP Trans Padang harus melakukan Tapping pada mesin EDC dulu.

"Penumpang tidak memiliki kartu namun karena pramugara tidak cermat, ia malah menurunkan penumpang," ujarnya. 

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kota Padang, Yudi Indra Syani mencoba menawarkan kerjasama dengan berbagai bank dan pihak lain terkait dengan implementasi metode pembayaran tunai pada Trans Padang.

Tak hanya itu, Yudi juga sudah menegur pramugara. "Kami sudah menyampaikan kepada pramugara untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada penumpang," ujarnya.

Pakar transportasi publik Unand, Yossyafra mengatakan bahwa stakeholder  atau pemangku kepentingan harus mencarikan solusi untuk memperluas akses penjualan kartu non tunai dan pengisisan saldonya.

"Butuh sosialisasi lebih banyak dan edukasi kepada pengguna layanan," ungkapnya.

Reno Fernandes sebagai pelapor menyarankan agar masyarakat dapat membeli kartu Brizzi melalui Pramugara agar mendapat dengan mudah mendapatkan kartu Brizzi.

(*/don/ila


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...