Sekda Indra Teken Kerjasama, Saragih : Ombudsman bukanlah untuk Mencari Kesalahan

Dalam sambutannya Sekda Dewa Indra menyampaikan bahwasanya Pemprov Bali berkomitmen kuat dalam upaya memperbaiki kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, Pelayanan yang dulunya tidak baik dan belum optimal harus segera diperbaiki dan ditingkatkan. Untuk itu diperlukan perubahan perilaku, perubahan mindset dan membutuhkan waktu untuk mewujudkannya.
Sekda Dewa Indra mengurai berbagai upaya peningkatan pelayanan publik telah dilakukan Pemprov Bali diantaranya dengan memastikan semua OPD di lingkungan Pemprov Bali telah memenuhi standar pelayanan publik. Sekda Dewa Indra mencontohkan peningkatan pelayanan serta kenyamanan daripada UPT Samsat, penerapan e-perijinan, serta tata kelola keungan yang mengarah ke sistem digital sehingga tidak hanya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang didapat tetapi juga tidak ada temuan keuangan (nihil temuan keuangan). Tidak hanya itu, dari segi kepegawaaian juga disederhanakan dengan menerapkan digitalisasi. Rekrutmen CPNS tahun ini dijamin bersih dan bebas KKN karena dilakukan secara transaparan dan terbuka.
Penandatangan komitmen yang dihadiri seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemprov Bali ini untuk meneguhkan apa yang sudah dilakukan dalam upaya perbaikan layanan public. Kedepannya, Sekda Dewa Indra mengajak seluruh Kepala OPD untuk bersama sama membangun pelayanan public yang lebih baik dan birokrasi yang disegani masyarakat.
Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih menyampaikan bahwasannya pengawasan yang selama ini dilakukan oleh Ombudsman bukanlah untuk mencari kesalahan tetapi lebih kepada pengawasan untuk mencapai kinerja yang lebih baik.
Ombudsman hadir sebagai mitra kerja pemerintah untuk bersama sama
membangun dan mendukung terwujudnya pelayanan publik yang lebih baik.
Kedepan Alamsyah Saragih berharap agar sinergitas dapat terus
ditingkatkan dan bersama sama berkomitmen meningkatkan pelayanan public
kepada masyarakat. Sebaik-baiknya sistem ataupun Standar Operasional
Prosedur (SOP) dalam suatu instansi penyelenggara pelayanan, tanpa
adanya komitmen tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Maka perlu
digaris bawahi, peran aparatur pelaksana pelayanan publik sangat penting
untuk terus ditingkatkan, terutama komitmen dalam mewujudkan pelayanan
prima. (rls/BPN/tim)








