• - +

Kabar Perwakilan

Pewarta dan Ombudsman Ikut Cek Administrasi Calon Anggota Polri
PERWAKILAN: BALI • Sabtu, 04/07/2020 •
 
PERIKSA : Suasana pemeriksaan administrasi calon anggota Polri di Polres Tabanan, Jumat (3/7).

SHARE

TABANAN, BALI EXPRESS - Pemeriksaan administrasi awal penerimaan Akpol dan Tamtama 2020 yang digelar Polres Tabanan melibatkan pengawas eksternal dari Persatuan Wartawan Tabanan (Pewarta) dan Ombudsman RI Perwakilan Bali, Jumat (3/7).

Sebanyak 19 peserta calon Akpol dan Tamtama menjalani pemeriksaan administrasi, tinggi dan berat badan yang berlangsung dari pukul 08.15 Wita sampai pukul 12.15 Wita di Mapolres Tabanan. Sayangnya dari 19 peserta tersebut, 2 orang peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat .  Karena tinggi badan yang kurang dari 165 cm dan nilai rata-rata ijasah di bawah 6.00.  

Ketua Pewarta,  Donny Darmawan, mengapresiasi langkah Polres Tabanan yang melibatkan pengawas eksternal dalam rekrutmen calon anggota Polisi itu. "Ini merupakan salah satu keterbukaan informasi dalam hal penerimaan calon anggota polisi," tegasnya. 

Pria yang merupakan owner dari media Balitopnews.com tersebut, menambahkan, jika dari semua tahapan pemeriksaan administrasi, ukur tinggi badan, dan timbang berat badan semuanya telah berjalan sesuai dengan prosedur dan tidak ada yang menyimpang. "Diharapkan seluruh tahapan hingga akhir nanti juga berjalan sesuai prosedur yang berlaku," tandas Donny. 

Hal serupa disampaikan anggota Ombudsman RI Perwakilan Bali Ida Bagus Oka Mahendra. Dikatakannya, pelaksanaan pemeriksaan administrasi, ukur tinggi, dan berat badan sudah berjalan dengan baik. Ia bersama tim pengawas eksternal, dan panitia penerimaan calon anggota Polri, juga telah memutuskan dari 19 yang hadir dan mengikuti pemeriksaan, 2 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat, sehingga tidak bisa melaju ke tahap berikutnya. "Karena tinggi yang kurang dan nilai ijasah di bawah rata-rata, dan itu sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujarnya. 

Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S. Siregar, menjelaskan,  tujuan dilibatkanya pengawas eksternal adalah untuk mengawasi pelaksanaan ujian atau pemeriksaan administrasi, ukur tinggi badan dan timbang berat badan. Namun, tidak dilibatkan dalam memutuskan kelulusan, dan apabila terdapat atau menemukan permasalahan agar menginformasikan kepada panitia. Tujuan lainnya, lanjut AKBP Mariochristy P.S. Siregar, memberikan keseimbangan pengawasan dari dalam  dan dari luar, guna mewujudkan transparansi publik. Untuk Polres Tabanan jumlah peserta terdaftar sebanyak 19 orang, dengan perincian pendaftar Akpol 14 orang calon, pendaftar Tamtama Brimob 4 orang calon, dan 1 orang pendaftar calon Tamtama Pol Air.  (bx/ras/rin/JPR)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...