• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Melalui Pemenuhan Standar Pelayanan Berbasis Elektronik
PERWAKILAN: MALUKU • Jum'at, 26/05/2023 •
 
Anggota Ombudsman RI, Johanes Widijantoro memberikan materi terkait Spbe

Masohi - Anggota Ombudsman RI, Johanes Widijantoro memberikan paparannya terkait peningkatan kualitas pelayanan publik pemerintah daerah melalui pemenuhan standar pelayanan berbasis elektronik pada lingkup pemerintahan Kabupaten Maluku Tengah yang diadakan, Rabu (24/05/2023) di Pendopo Bupati.

"Negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap warga negara melalui suatu sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar serta hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik maupun pelayanan administratif, pemerintah harus selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman salah satunya adalah penggunaan digital.

"Kita sudah mudah dalam mencari dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan, oleh karena itu inovasi dalam pemerintahan juga harus dilakukan dengan tujuan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses kebutuhannya," tandasnya.

Selanjutnya, Johanes menjelaskan mengenai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang disingkat SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE.

"Hal ini sangat mempermudah masyarakat karena mengubah kultur face to face menjadi digital dan meminimalisir kesulitan masyarakat dalam mengakses karena jarak, kondisi alam, dan kesulitan yang ditimbulkan ketika mengurus secara langsung di kantor," jelasnya.

Selain mengenai SPBE, Johanes membangun kembali komitmen penyelenggara pemerintahan di Masohi untuk selalu menanamkan rasa mengutamakan kepentingan masyarakat dan tidak merespon negativ dari semua kritikan masyarakat.

"Jangan alergi dengan keluhan masyarakat, kita harus meletakkan itu sebagai bagian dari tugas kita karena dari kritikan yang diterima dapat menjadi perbaikan dan menghasilkan suatu dampak yang positif," jelasnya.

Perlu di ketahui, kegiatan tersebut di hadiri oleh Asisten III Sekretaris Daerah, Bahrum Kalauw, Staf Ahli Bupati, Asisten dan seluruh pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Direncanakan setelah agenda dengan pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Johanes Widijantoro beserta tim melakukan kunjungan ke Polres Masohi dan RSUD Masohi.

Oktavuri R.

Humas Ombudsman RI Maluku





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...