• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Penguatan Peran dan Fungsi Ombudsman melalui Media Sosial
PERWAKILAN: SULAWESI TENGGARA • Selasa, 26/10/2021 •
 
Tim Ombudsman Sultra dengan Peserta FGD dari media online, cetak, NGO dan mahasiswa

Kendari - Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Tenggara mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan beberapa media cetak, media online, NGO dan mahasiswa pada Senin (25/10/2021) bertempat di Hotel Imperial, Kota Kendari. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Tenggara Mastri Susilo.

Pada masa pandemi banyak hal harus dilaksanakan secara online, hal inilah yang membuat kita harus lebih kreatif untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial. Pengoptimalan media sosial dapat dijadikan sebagai media informasi teraktual dan sosialisasi terkait kegiatan yang dilaksanakan oleh Ombudsman.

"Kami di Ombudsman membutuhkan masukan terkait media sosial yang kami kelola, dan perlu digagas satu grup media sosial untuk mengawasi pelayanan publik," ucap Mastri Susilo.

Dari perwakilan mahasiswa memberikan masukan Ombudsman harus gencar menyosialisasikan terlebih dahulu terkait apa itu Ombudsman serta tugas dan kewenangannya. Kemudian media sosial Ombudsman diharapkan dapat menjawab keresahan-keresahan yang ada di masyarakat terkait pelayanan publik yang ada di Sulawesi Tenggara.

"Saat ini kekuatan pers sudah tergeser oleh media sosial, maka dari itu menarik yang dilakukan Ombudsman untuk meningkatkan youtube-nya. Grebek-grebek yang dilakukan Ombudsman sangat menarik dan soal layanan pengaduan melalui media sosial beserta penyelesaiannya. Kolaborasi dengan media juga dapat dibantu untuk distribusi informasinya" ujar Jufri Rachim, Ketua AMSI Sultra.

Ditambahkan oleh tim dari Kendari News, bahwa dalam proses pengaduan jangan hanya memikirkan pre-process  tetapi post-process-nya juga. Hal ini untuk membangun trust pada publik supaya Ombudsman di percaya. 

Dari kegiatan FGD ini dapat disimpulkan bahwa Ombudsman harus terus melakukan sosialisasi di kalangan masyarakat, menjalin jejaring dengan pihak media untuk pendistribusian informasi dan berkolaborasi dengan semua pihak, baik media, teman NGO dan mahasisawa dalam melakukan penguatan peran dan fungsi Ombudsman.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...