• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Pastikan Masalah Beasiswa Selesai, Ombudsman Datangi IPB
PERWAKILAN: SUMATERA UTARA • Senin, 06/08/2018 •
 
Arnita Rodelina Turnif mendatangi kantor Ombudsman di Jakarta by republika.co.id

MEDAN -- Ombudsman RI dijadwalkan akan berkunjung ke Institut Pertanian Bogor (IPB), Senin (6/8). Meski masalah beasiswa utusan daerah (BUD) milik Arnita Rodelina Turnip telah selesai, kunjungan ini untuk memastikan statusnya sebagai mahasiswi di kampus tersebut juga sudah aktif.

Dalam kunjungan itu, Ombudsman RI akan didampingi Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar. Abyadi mengatakan, kedatangan mereka tersebut untuk menuntaskan laporan Lisnawati terkait status putrinya, Arnita, sebagai mahasiswa penerima BUD Pemkab Simalungun di IPB.

"Ini adalah permintaan Lisnawati saat melapor ke Ombudsman dan ini sudah selesai. Karena itu, kami ingin akhiri masalah ini dengan kunjungan ke IPB untuk mengetahui sudah diaktifkan atau tidak, meski secara resmi IPB sudah membuat penjelasan resmi," kata Abyadi, Ahad (5/8).

Abyadi menjelaskan, kunjungan ini merupakan bagian dari prosedur yang harus ditempuh Ombudsman dalam menyelesaikan masalah Arnita. Langkah tersebut, lanjutnya, merupakan bagian akhir dalam penyelesaian laporan yang disampaikan Lisnawati ke Ombudsman.

Selain itu, Ombudsman juga akan menyerahkan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) kepada Dinas Pendidikan Simalungun di kantor Ombudsman RI di Jakarta, Selasa (7/8). Untuk acara ini, Ombudsman telah mengirim surat undangan resmi kepada Kadisdik Simalungun, Resman Saragih.

"Sesuai penjelasan Pak Kadis, beliau akan hadir langsung. Tapi bila tidak bisa langsung, beliau sudah menjelaskan diwakilkan kepada Sekretaris Disdik. Kita berharap semua lancar," ujar Abyadi.

Penghentian BUD milik Arnita tanpa penjelasan sempat menarik perhatian publik beberapa hari terakhir. Warga Bangun Raya, Simalungun, Sumut, itu harus berhenti kuliah di IPB sementara waktu karena uang kuliahnya belum dibayarkan Pemkab Simalungun.

Saat diungkap ke publik, isu SARA bahkan mewarnai masalah ini. Namun, Disdik Simalungun telah mengaktifkan kembali BUD Arnita dan membayar tunggakan uang kuliahnya. Dengan dibayarnya tunggakan itu, status Arnita sebagai mahasiswa IPB pun telah aktif kembali.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...