• - +

Kabar Perwakilan

Pacu Target RPJMN LAPOR SP4N, Ombudsman Jabar dan Btrust Dampingi Pemprov Jabar
PERWAKILAN: JAWA BARAT • Rabu, 07/03/2018 •
 
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat menyampaikan capaian implementasi LAPOR! SP4N di Gedung Sate Pemprov Jabar(7/3/2018)

SHARE

Bandung,-Dalam rangka mempercepat penerapan Layanan Aspirasi Online Rakyat (LAPOR!), Ombudsman Jawa Barat dan Btrust melakukan pendampingan terhadap Pemerintah Provinsi Jawa Barat (6/3/2018). Acara yang diselenggarakan di Gedung Sate Kota Bandung ini dihadiri oleh Perwakilan dari Inspektorat, Bagian Organisasi, Kehumasan, Dinas Pendidkan, Dinas Kesehatan dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat. Pada acara tersebut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Haneda Sri Lastoto menyampaikan bahwa Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) merupakan bentuk kerja bersama antara Kemepan RB, Kantor Staf Kepresidenan dan Ombudsman RI (ORI). Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014 - 2019 LAPOR SP4N masuk dalam prioritas program nasional dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah provinsi/kabupaten/kota. "Pada tahun 2019 capaian pemerintah terkait RPJMN akan diukur oleh Bappenas, semoga tahun depan di Jawa Barat provinsi/kabupaten/kota sudah dapat terhubung dengan LAPOR! seluruhnya.", ungkap Haneda.

Sementara itu, Asisten Pratama Ombudsman RI Noer Adhe Purnama mengungkapkan berdasarkan data tahun 2018 sebanyak 19 dari 27 Kabupaten/Kota telah terhubung dengan LAPOR!. "Sebanyak 19 dari 27 atau 70 % Kabupaten/Kota di Jawa Barat telah terhubung dengan LAPOR!, namun sebagian besar belum memiliki Surat Keputusan (SK)", ungkap Adhe. Ombudsman mendorong pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menghubungkan unit pengaduan yang ada dengan LAPOR!. Sejak Tahun 2017, Ombudsman juga telah melakukan seluruh tahapan dan pertemuan secara menyeluruh. Pada tahun 2018, Pemprov Jabar sebagai pilot projek harus memiliki unit pengaduan yang terhubung dengan LAPOR!.

Hal senada disampaikan Koordinator Wilayah Btrust Jawa Barat Yuyu Komariyah. Sebagai salah satu organisasi yang digandeng oleh USAID dalam program CEGAH, Btrust bekerjasama dengan Pemprov Jawa Barat akan membentuk Penguatan LAPOR! SP4N. Program penguatan tersebut akan mengambil pilot projek pada tiga instansi yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan DPMPTSP Jawa Barat. Dalam acara tersebut Btrust akan melaksanakan mapping dan pendampingan terhadap tiga instansi yang dipilih kedepannya. Diharapkan dengan adanya pilot projek tersebut dapat memacu seluruh intansi kedepannya di Jawa Barat agar memiliki dan terhubung dengan LAPOR!.   

                                                                                                                                                                    



Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...