• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

ORI Sultra Lakukan Kunjungan Dadakan Di Mubar, Ini Kegiatanya
PERWAKILAN: SULAWESI TENGGARA • Selasa, 29/06/2021 •
 
Untung (kiri) Rahmat Budi Arfa (kanan), Asisten ORI Sultra saat kunjungan di Dinkes Mubar

  MUBAR- Ombudsman Republik Indonesia(ORI) perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kunjungan dadakan di Kabupaten Muna Barat (Mubar) dalam rangka melakukan survey kepatuhan pelayanan publik.

Asisten ORI Sultra, Untung mengatakan, kegiatan survey kepatuhan pelayanan publik ini kami lakukan kunjungan yang bersifat dadakan tetapi tidak tertutup.

  " Beberapa minggu yang lalu kami sudah melakukan workshop untuk kegiatan ini untuk seluruh Kabupaten/Kota hanya saja kami tidak menginformasikan kedatangan termasuk tempat yang akan kami kunjungi selanjutnya dan sudah seperti itu", kata Untung saat ditemui di Dinkes Mubar pada Selasa 29/6/2021.

Untung menambahkan, ada lima aspek pendistribusian penilaian yang dilakukan ORI Sultra yakni perijinan ekonomi dan non ekonomi, administrasi kependudukan, pendidikan dan kesehatan.

"Selain kami mengambil sampel administrasi kami juga mengambil sampel representasi pelayanan jasa dan kami spesifik di tiga puskesmas untuk melihat kualitas pelayanan publik", tambahnya.   

  Lanjut Untung adapun hasil penilaian diakumulasi menjadi nilai satu Kabupaten dan sekarang ini kami hanya mengambil data dan akhir tahun akan di rilis hasilnya.

" Untuk penilaiannya melalui proses yang berjenjang, dimulai dari pengimputan, verifikasi, dan finalisasi dipusat, dan hasilnya dalam bentuk skor tapi terkonversi dengan tiga kategori yaitu hijau (bagus), kuning (sedang) merah (kurang)", kata Untung.

Ditempat yang sama Rahmat Budi Arfa menambahkan hari ini kami sudah melakukan survey di puskesmas guali dan Dinkes.

" Hari ini kami sudah mengambil data di puskesmas guali dan Dinkes Mubar sedangkan kunjungan selanjutnya kami tidak bisa publikasikan karena ini sifatnya dadakan dan kegiatan survei ini sesuai undang - undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik ", kata Rahmat.

(La Roni)  

  





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...